oleh

6 Tim DOB Wilayah Adat Lapago Mendukung Percepatan Pemekaran DOB

-Berita, Papua-30 Dilihat

IndonesiaBangsaku.com – Di Jayawijaya pada  02 April 2022 tepatnya di Kantor Sekretariat Tim DOB Okikha, Distrik Pisugi, berlangsung kegiatan penyampaian pernyataan sikap dari 6 Tim DOB Wilayah Adat Lapago yang terdiri dari Tim DOB Okikha, Tim DOB Puncak Trikora, Tim DOB Balim Center, Tim DOB Yahukimo Barat, Tim DOB Yahukimo Timur dan Tim DOB Bogoga dalam rangka mendukung percepatan pemekaran DOB di wilayah adat Lapago. Kegiatan dipimpin oleh Yacob Yogobi (Ketua Koordinator DOB Wilayah Lapago sekaligus Ketua Tim DOB Okikha)

Deklarasi dihadiri oleh Tokoh Adat Papua dari berbagai wilayah seperti :

a. Yacob Yogobi (Ketua Koordinator DOB Wilayah Lapago; Ketua Tim DOB Okikha)

b. Menus Wanena l, SE, MM (Ketua I Tim DOB Puncak Trikora)

c. Dem Wanimbo, SH (Wakil Ketua Tim DOB Bogoga)

d. Hengki Heselo (Wakil Ketua Tim DOB Yahukimo Barat)

e. Dainus Kiwo (Ketua II Tim DOB Puncak Trikora)

f. Derbi Kiwo (Sekretaris Tim DOB Lapago; Sekretaris Tim Puncak Trikora)

g. Nagamo Yogobi (Ketua LMA Distrik Witawaya)

h. Beni Asso (Sekretaris Tim Yahukimo Barat)

i. Pius Tabuni (Sekretaris Tim DOB Balim Center)

j. Paulus Kossay (Ketua Koordinator Tim Okikha Distrik Pisugi)

k. Abraham Itlay (Wakil Ketua Tim Okikha Koordinator Distrik Pisugi)

l. Y. Gumengga Wanena (Anggota Tim DOB Puncak Trikora)

Dalam rangkaian acara Surat Pernyataan Sikap Tim DOB Wilayah Adat Lapago dibacakan oleh Derbi Kiwo (Sekretaris Tim DOB Lapago; Sekretaris Tim Puncak Trikora), surat ini ditandatangani bersama.

YANG BERTANDA TANGAN DI BAWAH INI :

KAMI SELURUH LAPISAN MASYARAKAT, DOB PEMEKARAN KABUPATEN OKIKHA, DOB PEMEKARAN KABUPATEN PUNCAK

TRIKORA, DOB PEMEKARAN KABUPATEN BOGOGA, DOB PEMEKARAN KABUPATEN YAHUKIMO BARAT (PENGUNUNGAN SEIR), DOB PEMEKARAN KABUPATEN YAHUKIMO TIMUR, DOB PEMEKARAN KABUPATEN BALIM CENTER, DOB PEMEKARAN KABUPATEN YALIMEK DAN DAERAH OTONOMI BARU PEMEKARAN PROVINSI PENGUNUGAN TENGAH PROVINSI PAPUA MENYATAKAN

SIKAP DENGAN TEGAS BAHWA KAMI MENOLAK AKSI-AKSI DEMO DI WILAYAH LAPAGO. DAN KAMI SELURUH LAPISAN MASYARAKAT 7 DAERAH OTONOMI BARU DAN 1 PEMEKARAN PROVINSI PENGUNUNGAN TENGAH MENDUKUNG PENUH RENCANA PEMERINTAH PUSAT UNTUK MEMEKARKAN PEMEKARAN KABUPATEN DAN PROVINSI DI WILAYAH ADAT LAPAGO PENGUNGUNGAN TENGAH PROVINSI PAPUA.

DENGAN ALASAN BAHWA:

1. KAMI MAU MERDEKA, MELALUI AKSES EKONOMI, AKSES PENDIDIKAN, AKSES PELAYAN KESEHATAN DAN INFRASTRUKTUR MELALUI PEMEKARAN DAERAH, SAMA DENGAN TEMAN2 KABUPATEN INDUK. JAYAWIJAYA, LANNY JAYA, NDUGA, PUNCAK, PUNCAK JAYA, YALIMO, YAHUKIMO, MAMBERAMO TENGAH, TOLIKARA, INTAN JAYA, DOGIYAI,

DEIYAI, PANIAI JAYAPURA, KOTA JAYAPURA, SARMI, KEEROM,

BIAK, NABIRE, MERAUKE, ASMAT, PENGUBIN, YAPEN, BOVEN DIGOEL DAN MAPPI SEHINGGA TEMAN2 KABUPATEN INDUK JANGAN GANGGU KAMI DOB BARU. KALAU MAU TOLAK PEMEKARAN SEMUA KABUPATEN INDUK JUGA HARUS TOLAK/ HAPUS DAN KEMBALIKAN KE PUSAT.

2. KAMI BERJUANG DOB INI SELAMA KURANG LEBIH 18-20 TAHUN DAN SEMUA KETUA-KETUA TIM KAMI YANG TELAH BERJUANG SELAMA INI MEREKA SUDAH MENINGGAL DUNIA DAN TINGGAL ANAK-ANAK DAN ISTRI? SIAPA MAU PIARA.??

3. SEPANJANG PERJUANGAN PEMEKARAN DOB NAMA-NAMA DIATAS ADALAH USAHA DAN SUMBANGAN MURNI DARI MASYARAKAT, MELALUI AKSI PENGALANGAN DANA SEHINGGA, PEMERINTAH PUSAT SEGERA SAHKAN UNDANG-UNDANG KARENA AKSI DEMO SELAMA INI TERJADI BUKAN DARI MASYARAKAT KAMPUNG DAN MASYARAKAT EKONOMI LEMAH TETAPI ATAS NAMA.

4. PEMERINTAH PUSAT SEPANJANG TARIK-TARIK WAKTU SEPANJANG ITU JUGA PASTI MASYARAKAT DEMO DIMANA-MANA, SEHINGGA KAMI MOHON WILAYAH ADAT LAPAGO SEGERAH SAHKAN PROVINSI PENGUNUNGAN TENGAH ,DAN USULAN BARU KABUPATEN-KABUPATEN YAITU: PEMEKARAN DOB OKIKHA, DOB PEMEKARAN KABUPATEN PUNCAK TRIKORA, DOB PEMEKARAN KABUPATEN BOGOGA, DOB PEMEKARAN KABUPATEN YAHUKIMO BARAT (PEGUNUNGAN SEIR), DOB PEMEKARAN KABUPATEN YAHUKIMO TIMUR, DOB PEMEKARAN KABUPATEN BALIM CENTER DAN KABUPATEN YALIMEK DI PROVINSI PAPUA.

5. PEMERINTAH PUSAT PERLU KETAHUI, BAHWA PEMEKARAN KAB. YANG KAMI BERJUANG INI ADALAH MURNI DAN SWADAYA DARI MASYARAKAT SENDIRI DAN TIDAK MELALUI BANTUAN DANA PEMERINTAH DAERAH SEHINGGA PEMERINTAH PUSAT MAU KASIH PEMEKARAN SAHKAN SAJA KARENA INI MURNI ASPIRASI MASYARAKAT.

6. KAMI WILAYAH ADAT LAPAGO SUDAH MENDUKUNG PENUH PROGRAM PEMERINTAH PUSAT, UNTUK PERPANJANGAN OTSUS JILID II, DENGAN MENYATAKAN SIKAP TIM-TIM PEMEKARAN TOKOH ADAT, TOKOH MASYARAKAT/ INTELEKTUAL DAN KETUA-KETUA LMA WILAYAH ADAT LAPAGO PADA TANGGAL 12 FEB 2021 DI KANTOR BUPATI JAYAWIJAYA. DAN DI LANJUTKAN DENGAN PENOLAKAN TIM DENGAR PENDAPAT DARI MRP KE WILAYAH ADAT LAPAGO, KAMI DENGAN TEGAS KEMBALIKAN TIM DARI MRP DARI BANDARA UDARA

WAMENA, KEMBALI KE JAYAPURA DENGAN MENGUNAKAN PESAWAT YANG SAMA PADA TANGGAL 14 FEBRUARI 2021; DENGAN TUUAN UNTUK MENERIMA OTSUS JILID II DAN PEMEKARAN KABUPATEN DAN PROVINSI PENGUNUNGAN TENGAH BARU DI PROVINSI PAPUA.

7. KAMI DOB KABUPATEN DAN PROVINSI DI WILAYAH ADAT LAPAGO KAMI SUDAH DAPAT KUNJUNGAN DI WAMENA TANGGAL 6 MARET 2022, OLEH BAPAK KETUA KOMISI II DPR RI (BPK.DR.H.AHMAD.DOLLI KURNIA TANTUNG.S.Si.M.T) DI WAMENA. MAKA KAMI NYATAKAN BAHWA KAMI DI WILAYAH ADAT LAPAGO JUGA SIAP DIMEKARKAN DAN KAMI SIAP MENERIMA PEMEKARAN.

8. KAMI 7 DOB WILAYAH ADAT LAPAGO SUDAH LENGKAP PERSYARATAN MEMENUHI SYARAT SESUAI UU NO. 23 TAHUN 2014 KAMI MAU PEMERINTAH PUSAT MAU SAHKAN PROVINSI BARU HARUS BERSAMAAN DENGAN KABUPATEN BARU YANG SUDAH LENGKAP. UNTUK MENGURANGI KONFLIK ANTARA PROVINSI BARU DENGAN KABUPATEN YANG LAMA USUL.

9. KAMI WILAYAH LAPAGO MENGALAMI KESULITAN DENGAN HARGA EKONOMI TINGGI KARENA BELUM BUKA ISOLASI DAERAH.

10. PEMERINTAH PUSAT, MASIH ULUR-ULUR WAKTU DAN TIDAK JELAS KEPASTIAN PENGESAHAN DOB DALAM WAKTU DEKAT INI, MAKA AKSI-AKSI DEMO UNTUK PENOLAKAN PEMEKARAN KABUPATEN DAN PEMEKARAN PROVINSI AKAN BERTAMBAH LEBIH LUAS, DAN MALAH JUSTRU YANG MEMINTA PEMEKARAN JUGA KEMUNGKINAN BISA BERGABUNG, KARENA KAMI MENGANGGAP PEMERINTAH PUSAT HANYA JANJI-JANJI, TETAPI BELUM BISA MEMBUKTIKAN NIAT BAIK OLEH PEMERINTAH PUSAT KEPADA MASYARAKAT PAPUA UNTUK MENJAWAB ASPIRASI MASYARAKAT YANG TELAH BERJUANG PEMEKARAN KABUPATEN/KOTA DARI TAHUN 2009 SAMPAI DENGAN 2022.

DEMIKIAN PERNYATAAN KAMI DAN ATAS KERJA SAMANYA DISAMPAIKAN TERIMA KASIH

LAPAGO, 2 APRIL 2022

MARI BERSATU MEMBUKA LAPANGAN KERJA BARU

FORUM KOMUNIKASI PEMEKARAN DAERAH OTONOMI BARU

KABUPATEN WILAYAH ADAT LA-PAGO

PEGUNUNGAN TENGAH

YACOB YOGOBI, S.Sos (Ketua Umum)

DARBI KIWO, S.KM. M.Kes (Sekretaris Umum)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.