oleh

Agenda Jokowi ke Rusia dan Ukraina Curi Perhatian Media Asing, Sorot Upaya Damai

-Hankam-36 Dilihat

Agenda Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia tengah jadi sorotan. Tak hanya di Indonesia, tapi juga sejumlah negara asing.

Media dari negeri tetangga, Malaysia, Singapura hingga Amerika turut memberitakan lawatan Jokowi yang kabarnya akan dilakukan pada 30 Juni 2022.

Situs berita Negeri Jiran, The New Straits Times, memuat berita rencana kunjungan Presiden Indonesia ke Rusia dan Ukraina melalui artikel bertajuk “Jokowi’s meeting with Ukraine and Russian leaders on humanitarian grounds”. Menyorot aksi tersebut sebagai langkah Indonesia untuk mewujudkan perdamaian global.

“Kunjungan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan untuk bertemu dengan para pemimpin Ukraina dan Rusia minggu depan, memberikan harapan bagi upaya Indonesia untuk mencapai perdamaian global,” tulis media tersebut pada Jumat (24/6/2022).

Bergeser ke Singapura, media The Straits Times membuat artikel serupa dengan judul “Indonesian President Joko Widodo to visit Ukraine and Russia amid ongoing war”. Menggambarkan bahwa kunjungan Jokowi dilakukan dalam “situasi yang tidak normal”, mengutip Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Media Asia lainnya, dari Jepang, Mainichi, menyebut bahwa Jokowi bakal menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi kedua negara sejak Rusia memulai invasi ke Ukraina pada akhir Februari, mengutip Menlu Retno. Pemberitaan tersebut tertuang dalam tulisan “Indonesian president to visit Russia, Ukraine to meet leaders”.

Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Eropa akhir Juni 2022. Agenda pertama yakni menghadiri pertemuan G7 di Jerman. Selanjutnya Jokowi menuju Kyiv lewat kereta dari Polandia untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zekensky.

Sorotan Media Australia, Inggris hingga Amerika

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Sementara itu, media Negeri Kanguru, Canberra Times, menjuduli tulisannya dengan “G20 chair to seek Ukraine-Russia peace”.

“Presiden Indonesia dan Ketua G20 Joko Widodo akan mengunjungi rekannya di Ukraina dan Rusia minggu depan dan mendesak untuk resolusi damai atas konflik mereka,” tulis media Australia itu mengutip Menlu Retno.

Situs berita Inggris, Reuters, menuliskan nada yang sama terkait upaya perdamaian bagi Rusia dan Ukraina oleh Indonesia melalui “G20 president Indonesia seeks to ease crisis with Ukraine, Russia visits”.

Presiden Indonesia dan Ketua G20 Joko Widodo akan bertemu dengan para pemimpin Ukraina dan Rusia minggu depan untuk mengadvokasi perdamaian dan mencoba membantu meringankan krisis pangan global,” tulis Reuters mengutip Menlu Retno.

Situs berita Prancis, AFP juga menangkap perihal serupa. “Presiden Indonesia dan Ketua G20 Joko Widodo akan mengunjungi para pemimpin Ukraina dan Rusia bulan ini untuk membahas dampak ekonomi dan kemanusiaan dari invasi Moskow,” tulis media tersebut dalam artikel “Indonesian president to visit Kyiv, Moscow this month: minister“.

Situs berita Amerika, Bloomberg, dalam “Jokowi to Visit Ukraine, Russia to Discuss Food Crisis” pun mengangkat hal sama yakni perihalmendorong perdamaian dan membahas krisis pangan global yang sebagian disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam artikel “Indonesia Confirms President Jokowi’s Trip to Russia, Ukraine”, situs berita AS The Diplomat mengulas bahwa pemimpin Indonesia akan mengunjungi dua negara yang bertikai “dalam semangat perdamaian.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.