oleh

Bantuan Dan Subsidi Tepat Sasaran

-Ekonomi-77 Dilihat

Situasi geopolitik di Rusia dan Ukraina turut berpengaruh terhadap Indonesia. Imbas konflik tersebut memicu kenaikan harga dari beragam komoditas pangan, energi dan inflasi. Hal ini juga diungkapkan oleh Presiden Jokowi di dalam unggahan instagram pribadinya @jokowi.

Presiden Jokowi menulis, “Situasi geopolitik di Rusia dan Ukraina turut berpengaruh terhadap Indonesia dalam bentuk kenaikan harga sejumlah komoditas, utamanya pangan dan energi, serta kenaikan inflasi. Untuk itu, saya menginstruksikan perlunya berbagai program perlindungan sosial terus disiapkan agar rakyat tidak menanggung seluruh beban akibat kenaikan harga tersebut,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dalam unggahannya.

Terkait dengan kondisi yang terjadi akibat konflik Rusia dan Ukraina itu, Pemerintah melalukan berbagai program bantuan sosial kepada masyarakat untuk mengurangi dampak tersebut. Program yang disampaikan ke masyarakat diantaranya adalah ; Pemberian Kartu Sembako , Program Keluarga Harapan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dan juga Program BLT Dana Desa.

“Berbagai program perlindungan sosial yang diberikan pemerintah antara lain Kartu Sembako bagi 18,8 juta penerima, Program Keluarga Harapan dengan tambahan dua juta penerima. Selain itu, pemerintah juga memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng yang besarnya Rp300.000 untuk tiga bulan atau Rp100.000 per bulan. Program BLT Dana Desa juga terus dilanjutkan,” tulis Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan dalam unggahannya bahwa pemerintah meluncurkan program baru yaitu Bantuan Subsidi Upah. “Di samping itu, ada program bantuan baru yaitu Bantuan Subsidi Upah untuk 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta sebesar Rp1 juta per penerima. Pemerintah juga memperhatikan kenaikan harga pupuk. Untuk pupuk subsidi, pemerintah akan membatasinya pada pupuk urea dan NPK. Saya berharap segenap bantuan dan subsidi tersebut dapat tepat sasaran,” tulis Presiden Jokowi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.