oleh

Demi Damai Masyarakat Nabire Dukung DOB

-Papua-12 Dilihat

Jayapura – Deklarasi ini merupakan sikap dukungan masyarakat adat Saireri II Nabire terhadap kebijakan pemerintah yang menekankan penyelesaian masalah Papua dengan jalur damai, melalui rekonsiliasi dan Restitusi, sebagaimana yang di atur dalam UU Otsus atau UU No.2 Tahun 2021 pasal 46.

Dalam deklarasi ini dihadiri dan didukung oleh berbagai Kepala Suku dan Tokoh Papua yang diantaranya sebagai berikut :
a. Donatus Sembor (Kepala Suku Besar Moora).
b. Ali Kabiyai (Tokoh Pemuda Saireri II Nabire).
c. Beny Sadi (Kepala Suku Umawi).
d. Lamega Mora (Ketua kerukunan Unate Yapen).
e. Edy Rumatray (Kepala Suku Napan).
f. Natan Maniambo (Ketua kerukunan Saireri II).
g. Andris W Uriway (Kepala Suku Adat Hegure).
h. Anggota BMA Kabupaten Nabire.

Melki Sedek Rumawi (Ketua BMA Kabupaten Nabire) mengatakan bahwa masyarakat Saireri II Nabire menjamin Kabupaten Nabire merupakan tempat yang aman dan kondusif untuk menerima pendekatan kesejahteraan yang dirancang oleh pemerintah Pusat.

Selain itu Melki menambahkan bahwa pihaknya siap menerima pembangunan Daerah Otonomi Baru (DOB), dan mendukung segala kebijakan pemerintah. Serta menghimbau kepada masyarakat Saireri II Nabire agar tidak terpancing untuk membuat aksi-aksi berdasarkan isu-isu Hoax.

Ali Kabiay (Tokoh Pemuda Saireri II Nabire) berharap agar pemerintah pusat segera melakukan pembangunan demi mempercepat pemekaran Papua Tengah, serta menginginkan agar Otsus Jilid II tetap dilanjutkan demi kesejahteraan masyarakat Papua. Selain itu Saireri II Nabire menginginkan pemimpin yang bijaksana (tidak memandang suku maupun ras) dalam melaksanakan pemerintahan, seperti Presiden Joko Widodo.

Acara deklarasi selesai pada sore hari setelah melakukan pembacaan Deklarasi Papua Damai oleh masyarakat Saireri II, serta dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi, adapun isi dari Deklarasi Papua Damai sebagai berikut :

1) Kami Seluruh Masyarakat Wilayah Adat Saireri II
Mendukung Segala Upaya Penyelesaian Konflik Di Papua Secara Bermartabat Demi Tercapainya Papua Yang Damai.
2) Kami Masyarakat Wilayah Adat Saireri II Bertekad,
Mendorong Penyelesaian Masalah Papua Secara Rekonsiliasi Dan Restitusi Menuju Papua Yang Aman Dan Damai.
3) Kami Masyarakat Adat Wilayah Adat Saireri II
Mendukung Implementasi UU Otsus Nomor 2 Tahun 2021 Dan Rencana Pemekaran DOB Yang Sesuai Dengan Kultur, Budaya Dan Wilayah Adat Menuju Papua Damai.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.