oleh

Fiji Mendukung Papua-Papua Barat Tetap MenJadi Bagian NKRI

IndonesiaBangsaku.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (MenkoPolhukam) Wiranto Mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan dan Mantan Menteri Luar Negeri Kepulauan Fiji, Ratu Inoke Kubuabola di Kantor KemenkoPolhukam, Jakarta Pusat, Senin (30/9).

Setelah pertemuan itu, Wiranto tidak menjelaskan secara detail isi pertemuan tersebut. Ia hanya menyampaikan, Inoke sangat memahami permasalahan dan kondisi di Pasifik Selatan, termasuk permasalahan wilayah Papua dan Papua Barat. Menurut Mantan Menteri Luar Negeri Kepulauan Fiji ini, masyarakat kepulauan pasifik ini telah meyakini penyatuan Papua dan Papua Barat sebagai wilayah final Indonesia.

“Beliau [Inoke] memahami betul. Setelah saya berbincang, beliau berkeyakinan, penyatuan Papua dan Papua Barat sudah final,” kata Wiranto.

Dengan demikian, menurut Wiranto, Kepulauan Fiji mendukung Papua dan Papua Barat agar terus menjadi wilayah nasional dengan Indonesia. Hal tersebut sudah dikukuhkan oleh PBB dan tidak bisa diganggu gugat oleh siapa pun dan negara mana pun.

“Sikap ini lah yang beliau sampaikan pada kami. Beliau tentu siap menyampaikan tentang sikap Indonesia mengenai penyatuan wilayah Papua dan Papua Barat yang menjadi wilayah yang tak terpisahkan dengan Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Inoke mengatakan, Kepulauan Fiji akan mendukung Indonesia dalam menjaga Papua dan Papua Barat supaya tetap menjadi bagian dari Indonesia.

“Kita bisa bekerja sama untuk menjalin hubungan antara Indonesia dan [beberapa] negara perwakilan,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *