oleh

Kepercayaan Uni Eropa Terhadap Seluruh Maskapai Penerbangan Indonesia Sudah Kembali

Jakarta, Indonesiabangsaku  Akhirnya Uni Eropa mancabut larangan terbang terhadap eluruh maskapai Indonesia. Larangan yang dijatuhkan sejak 2007 tersebut akhirnya dihentikan pada 17 Juni 2018.

“Tentu saja ini kita apresiasi sebagai bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap penerbangan kita. Kepercayaan ini jauh di atas segala-galanya yang harus kita jaga bersama,” kata Retno di kediaman Menteri Perhubungan, Jl Widya Chandra, Jakarta, Minggu (17/6) malam.

Retno mengaku ikut mengadvokasi hal itu melalui diplomasi ke Uni Eropa dan negara-negara anggotanya sejak diberlakukan larangan terbang oleh Uni Eropa pada 2007.

Ia menjelaskan, jauh sebelum menjadi Menteri Luar Negeri saat masih menjabat sebagai Direktur Kawasan Eropa di Kementerian Luar Negeri, Retno sudah terlibat dalam upaya diplomasi ini.

“Bagaimana pun ini adalah perjuangan yang lama sekali sampai akhirnya setelah 11 tahun kita berhasil. Ini adalah contoh kolaborasi yang baik antara urusan diplomasi di satu pihak dan urusan regulasi oleh Kementerian Perhubungan dan kinerja operator di pihak lain,” ungkap Retno.

Ia berharap dengan pencabutan larangan ini, dunia penerbangan dalam negeri akan terus berkembang, lebih berdaya saing, meningkatkan pariwisata dan tentunya juga meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan Uni Eropa.

“Tentu harus punya dampaknya bagi kita baik industri penerbangannya maupun pariwisata dan hubungan antar negara. Ini harus kita kawal bersama,” pungkas Retno.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *