oleh

Trans Papua Selesai Tahun 2019 Mendatang

Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pembangunan daerah tertinggal dan terpencil menjadi perhatian utama. Pemerataan pembangunan merupakan salah satu wujud dari Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK yakni membangun Indonesia dari pinggiran dalam kerangka negara kesatuan. Hal tersebut untuk mengurangi ketimpangan sehingga memberikan keadilan bagi seluruh rakyat.

Salah satunya adalah pengembangan wilayah Papua melalui infrastruktur jalan Trans Papua.

Presiden Jokowi menargetkan jalan Trans Papua dapat tersambung seluruhnya pada tahun 2019 mendatang. Jalan darat yang terbagi di Provinsi Papua dan Papua Barat ini akan menyambungkan Sorong dan Merauke sepanjang 4.329,55 km tanpa putus.

Tahun 2017, Kementerian PUPR mencatat jalan Trans Papua telah tersambung hingga lebih dari 3.900 Km. Pada Tahun 2018 akan di tangani sepanjang 197,91 km dan sisa akan diselesaikan Tahun 2019.

Hal tersebut akan menjadi salah satu program yang mampu membuka konektivitas antar daerah di Papua, sehingga mendorong pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Pembangunan Trans Papua sudah dimulai sejak kepemimpinan Pak Habibie, tapi pembangunan secara masif dilakukan pada era Presiden Joko Widodo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *