oleh

Hakim Konstitusi 100 Persen Independen

IndonesiaBangsaku.com – Sembilan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan menyidangkan gugatan hasil Pemilihan Presiden 2019 dijamin 100 persen independen. Mereka dipastikan akan menjalankan fungsinya secara adil dan profesional.

Ketua MK Anwar Usman mengatakan siap menerima gugatan sengketa Pilpres yang akan dilayangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga uno. Dia juga mengatakan pihaknya dijamin mempertahankan indepensi dan tak terpengaruh dengan situasi paska pengumuman hasil Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). MK akan memutuskan sengketa Pilpres secara adil berdasarkan bukti-bukti yang ada.

“Independensi kami dijamin 100 persen. Kami bersembilan (hakim MK) sudah berkomitmen mempertahankan independensi dan itu sudah dibuktikan,” ujar Anwar di gedung MK, Jakarta, Kamis (23/5).

Anwar menyatakan, bukti apapun yang diajukan pihak Prabowo-Sandi akan diterima dan diperiksa secara rinci satu per satu.

“Kita lihat saja nanti bukti apapun yang diajukan akan kami terima dan kami akan memeriksa semua bukti yang ada,” katanya.

Sementara itu, juru bicara MK Fajar Laksono mengingatkan batas waktu pendaftaran Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ditutup pada Jumat pukul 24.00 WIB.

“Untuk Pemilu Legislatif ditutup Jumat (24/5) pukul 01.46 WIB, sementara untuk Pemilu Presiden ditutup Jumat (24/5) pukul 24.00 WIB,” ujar Fajar.

Jika pendaftaran melewati tenggat waktu, majelis hakim konstitusi bisa mempertimbangan untuk tidak menerima perkara PHPU.

“Pemohon datang harus mengambil Nomor Urut Pendaftaran Perkara (NUPP) lebih dahulu. Waktu pengambilan NUPP ini yang akan menjadi menjadi acuan,” kata Fajar.

Jika pemohon PHPU Pileg mengambil NUPP pada Jumat (24/5) pukul 01.45 WIB dan baru menyerahkan berkas ke petugas pukul 03.00 WIB, maka akan diterima. Sebab yang menjadi acuan adalah waktu pengambilan NUPP.

“Jadi gak masalah meskipun berkas baru diterima pukul 03.00 WIB,” ujar Fajar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *