oleh

Perlu Pengenalan Terhadap Nilai Pancasila bagi Generasi Penerus

IndonesiaBangsaku.com – Menjelang peringatan hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni mendatang, amanat Bung Karno yang menyatakan bahwa, kita mendirikan suatu negara, semua untuk semua, masih relevan di tengah meruncingnya polarisasi masyarakat akibat kesenjangan ekonomi, sosial, ekonomi, budaya dan kepentingan politik dalam persaingan di Pilkada maupun Pilpres dinilai sebagai pemicu terbelahnya masyarakat.

Namun sangat disayangkan belakangan ini paparan paham radikalisme makin berkembang di tengah masyarakat yang tentunya menjadi ancaman terhadap Pancasila.

Ancaman terhadap Pancasila sebagai dasar negara ini semakin nyata di depan mata,dengan munculnya ideologi transnasional yang bermetamorfosa dalam berbagai organisasi keagamaan. 

Karena itu, tantangan penguatan Pancasila ini dikupas dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang digelar Kementerian Kominfo, yang bertajuk “Kita Indonesia, Kita Pancasila: Upaya Mengadang Hoaks dan Radikalisme”, di Gedung Serbaguna, Kementerian Kominfo Jakarta, Selasa (28/5/2019).

“Kerusuhan yang terjadi kemarin menjadi tantangan tersendiri, meskipun kalau Pancasila itu teruji tangguh, tapi ternyata masih ada oknum yang berusaha untuk mencoba mengganggunya”, ujar Drs Sujatmiko selaku Kasubdit Kontrapropaganda Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Karena itu untuk mengembalikan nilai nilai Pancasila BNPT bekerjasama dengan Menkopolhukam berusaha mengembalikan kembali nilai Pancasila dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *