oleh

Indocement (INTP) siap dukung pembangunan ibu kota baru

IndonesiaBangsaku.com – PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk (INTP, anggota indeks Kompas100 ini) menyambut baik wacana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Antonius Marcos selaku Corporate Secretary INTP mengatakan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur merupakan langkah tepat pemerataan pembangunan supaya tidak tersentralisasi di Pulau Jawa.

“Dan juga baik untuk tidak hanya satu tempat menjadi pusat bisnis dan pusat pemerintahan. Semua pihak harus bersatu padu untuk mewujudkan hal ini,” ujar Antonius kepada Kontan.co.id (28/8).

Sebagai pelaku industri semen, INTP berharap pemerintah tetap menjalankan kebijaksanaan yang pro pasokan clinker atau semen dari industri semen nasional dan tidak mengizinkan impor produk semen.

“Kami percaya pasokan semen dalam negeri lebih dari cukup untuk pembangunan tersebut,” lanjut Antonius.

Antonius mengatakan, INTP siap untuk memasok persediaan semen guna membangun infrastruktur ibukota baru. Hal ini dikarenakan Indocement memiliki pabrik di Tarjun, Kalimantan Selatan dengan kapasitas 2,5 juta ton per tahun.

Lebih lanjut, INTP juga berharap pemerintah memberhentikan sementara pemberian izin pabrik semen baru di tengah kelebihan pasokan semen yang mencapai 40 juta ton. INTP menilai jumlah pasokan ini akan mencukupi permintaan dalam 4-5 tahun mendatang.

“Hal ini untuk menjaga industri semen dalam negeri yang tetap sehat dan bisa bertahan untuk beroperasi,” tutup Antonius.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *