oleh

Wiranto Tegas Tolak Referendum, Papua Itu NKRI, Bukan Jajahan

IndonesiaBangsaku.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Wiranto tegas menolak wacana referendum Papua.

Ia menegaskan, Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak dapat dirubah alias sudah final.

Demikian disampaikan Wiranto kepada wartawan di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Salah satu dasar yang dikemukakan Wiranto adalah kesepakatan New York atau New York Agreement.

“New York agreement yang pernah dilaksanakan di tahun 60-an itu sudah mengisyaratkan Irian Barat waktu itu, sekarang Papua dan Papua Barat, sudah sah menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Wiranto.

Wiranto menyebut hak referendum hanya diberlakukan bagi satu daerah jajahan yang belum jelas akan bergabung pada kedaulatan negara mana.

“Tapi Papua dan Papua Barat ini kan wilayah yang sah dari Republik Indonesia. Jadi saya kira referendum itu sudah tidak lagi perlu untuk dikemukakan lagi,” ucapnya.

Sementara, pemerintah menyesalkan adanya sekelompok massa yang melakukan serangan brutal kepada aparat keamanan saat aksi solidaritas berlangsung di Kabupaten Deiyai, Papua.

Dalam aksi tersebut, satu orang prajurit TNI dan dua warga sipil tewas. Sementara enam lainnya dari unsur TNI-Polri menjalani perawatan.

“Saya kira seluruh masyarakat menyesalkan ada demonstrasi sampai jatuh korban,” ujarnya.

Wiranto menyebut pada dasarnya menyampaikan aspirasi di ruang publik bukan hal terlarang.

Selagi, dilakukan dengan tertib dan aman.

Dia pun berpesan kepada masyarakat Papua untuk saling mengawasi.

Jangan sampai aksi-aksi demonstrasi itu ditunggangi kepentingan tertentu yang ingin mengganggu keamanan.

“Sekarang, kalau ada demo-demo lanjutan, kita justru khawatir jangan sampai ditunggangi, jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain yang akan merugikan masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *