oleh

Papua Mulai Kondusif, Menkopolhukam Pastikan Buka Pemblokiran Internet

IndonesiaBangsaku.com – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyatakan, akan membuka blokir akses internet di wilayah Papua dan Papua Barat. Hal ini menyusul telah berangsurnya situasi kondusif pasca kerusuhan di bumi cendrawasih tersebut.

“Dibuka, pasti dibuka. Saya katakan bahwa kalau sudah damai untuk apa diblok media sosial,” kata Wiranto di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (1/9).

Kendati demikian, mantan Panglima ABRI ini belum bisa memastikan kapan pemerintah akan membuka akses internet tersebut. Pemblokiran tersebut dilakukan salah satunya untuk mencegah tersebar luasnya informasi hoaks.

“Kalau sudah damai untuk apa aparat keamanan ribut ribut ramai di sana,” tegas Wiranto.

Wiranto menyebut, pemerintah mencoba menyiarkan informasi kepada dunia internasional dan masyarakat Indonesia bahwa bumi mutiara hitam itu tak lagi bergejolak. Dia pun memastikan pemerintah akan menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Kita semua mencoba untuk menyiarkan bahwa kita semua bersaudara untuk mengambarkan ke seluruh Indonesia, ke seluruh dunia bahwa kita semua bersaudara dan kita siap menyelesaikan masalah ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Wiranto.

Oleh karena itu, lanjut Wiranto, melalui semngat perdamaian dia memastikan wilayah Papua dan Papua Barat tidak lagi terjadi kerusuhan. “Mudah-mudahan semangat ini teman-teman sekalian, terus menyebar sehingga segera mendinginkan suasana kembali kita bersatu padu sebagai bangsa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemblokiran data internet di Papua dan Papua Barat sejak Rabu (21/8). Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Pemblokiran dilakukan setelah Kominfo berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *