oleh

Pemerintah Siapkan Dana Rehabilitasi-Rekonstruksi Papua Pasca-Rusuh

Pemerintah sudah menyiapkan dana untuk melakukan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Nantinya, proses tersebut akan dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, saat ini petugas sudah mulai membersihkan puing-puing bangunan yang hancur akibat kerusuhan. Proses selanjutnya adalah memulai rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Nanti akan dilanjutkan dengan proses rehabilitasi, rekonstruksi, oleh PUPR. Dana sudah disiapkan dari pemerintah,” ujar Wiranto saat jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta.

Wiranto menuturkan, saat ini kondisi Papua dan Papua Barat sudah semakin kondusif. Menurut dia, geliat ekonomi masyarakat beserta aktivitas lainnya sudah kembali berjalan. Kendati, ia mengakui masih ada beberapa sektor yang masih harus diperbaiki.

“Pelayanan publik juga sudah kembali. Khususnya di perkotaan. Baik layanan transportasi, pelabuhan, kemudian bandara, terminal, sudah berjalan seperti semula. Distribusi BBM sudah jalan,” tuturnya.

Sementara itu, sambung Wiranto, sektor pendidikan akan kembali dibuka pada Kamis 5 September 2019. Dengan demikian aktivitas belajar mengajar di sana akan kembali berjalan normal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *