oleh

Hari Ke-3 Panglima TNI dan Kapolri di Papua, Situasi di Jayapura Makin Kondusif

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sejak 3 September 2019 sudah berada di Jayapura, Papua.

Memasuki hari ke-3 keberadaan dua sosok jenderal berbintang empat tersebut berhasil memberikan dampak psikologi yang positif bagi masyarakat.

“Keberadaan Kapolri dan Panglima TNI bentuk kesungguhan negara untuk memberikan jaminan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ujar Kabid Hunas Polda Papua Kombes Pol AM. Kamal, di Jayapura, Kamis (5/09/2019).

“Terbukti, situasi keamanan berangsur kondusif dan masyarakat mulai melakukan aktifitasnya seperti biasa,” sambungnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Cpl. Eko Daryanto yang memastikan kehadiran Panglima TNI dan Kapolri juga memotong jalur koordinasi, sehingga keputusan-keputusan terkait rekonsiliasi di Jayapura bisa cepat dilakukan.

“Masyarakat bisa melihat kehadiran Panglima TNI dan Kapolri adalah bentuk keseriusan negara untuk menstabilkan situasi keamanan di Papua dan Papua Barat,” tuturnya.

Pada hari pertama, Panglima TNI dan Kapolri tiba di Jayapura pada petang hari tidak banyak melakukan kegiatan.

Mereka hanya melakukan pertemuan tertutup dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, di Gedung Negara.

Pada hari ke-2 Panglima TNI dan Kapolri bersama-sama melihat latihan Penerjunan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Base Ops Lanud Silas Papare, Jayapura.

Kemudian merka menuju Batalyon 751 dan Maodam XVII/Cenderawasih untuk memberikan arahan kepada pejabat utama TNI dan Kepolisian yang ada di Papua.

Kemudian pada hari ini, Kapolri membesuk tiga anggotanya yang terluka saat bertugas di Deiyai dan Jayawijaya, di RS. Bhayangkara Jayapura.

Setelahnya, Kapolri menyusul Panglima TNI ke Pelabuhan Jayapura untuk meninjau situasi keamanan Jayapura darii laut.

Malamnya, Kapolri dan Panglima TNI menginisiasi kegiatan ” Deklarasi Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Menjaga Papua Tanah Damai” di Swiss-bel Hotel Jayapura.

Acara tersebut juga dohadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Ketua MRP, Ketua DPR, Walikota Jayapura, Bupati Merauke, perwakilan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *