oleh

Janji Jokowi: 1.000 Mahasiswa Papua Jadi Karyawan BUMN

IndonesiaBangsaku.com – Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus utama pembicaraan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan puluhan tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Jokowi mengatakan, setelah infrastruktur dibenahi, pembangunan SDM betul-betul sangat diperlukan. “Karena muter-muter apapun SDM jadi kunci,” kata kepala negara.

Jokowi lantas bercerita saat melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Ia kerap bertemu dengan mahasiswa asal Papua.

“Banyak yang bertanya kalau lulus mau ke mana? Ya kembali ke tanah Papua. Terus saya kerja apa? Itu banyak pertanyaan. Ini pekerjaan besar kita,” ujar Jokowi.

“Tapi saya siang hari ini buka untuk BUMN dan perusahaan besar yang akan saya paksa, kalau prosedur kalau bisa dengan kewenangan saya, saya gunakan. Untuk bisa menerima yang baru lulus mahasiswa dari tanah Papua. Sementara siang hari ini saya sampaikan 1.000 dululah. Nanti akan saya atur lagi penempatan PNS di provinsi lain termasuk di eselon I dan I,” ujarnya.

Rombongan tokoh Papua dan Papua Barat yang dipimpin Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo menyampaikan sejumlah permintaan kepada Jokowi. Salah satunya dalah penempatan pejabat eselon I dan II di kementerian/lembaga.

Hal itu berkaitan dengan pembangunan SDM di Bumi Cenderawasih. Namun, ada kecemasan lantaran sebagian generasi Papua tertinggal dalam pendidikan.

“Banyak yang putus sekolah, menganggur dan terlibat masalah sosial. Selain itu perubahan profil demografi menimbulkan kecemasan akan persaingan berbagai sektor di Papua. Kami paham betul persaingan,” ujar Abisai Rollo.

“Namun sisi lain menghilangkan akses bagi pihak yang merintis usaha dan menggantikan kearifan lokal tanah adat yang keluarga kami hormati berabad-abad. Untuk itu hal-hal tersebut kami mohon perhatian agar perubahan demografi tidak menjadi batu sandungan,” lanjutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *