oleh

Sandiaga Setuju soal Dewan Pengawas KPK

IndonesiaBangsaku.com – Calon Wakil Presiden (Cawepres) di Pilpres 2019 Sandiaga Salahuddin Uno mengaku sepakat dengan rencana revisi Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sandiaga menjelaskan bila dirinya menyepakati beberapa poin yang ada dalam draf RUU KPK seperti pembentukan Dewan Pengawas di lembaga antirasuah ini.

“Dewan pengawas saya rasa perlu, semua lembaga enggak bisa menjadi superbodi,” kata Sandiaga di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (14/9/2019).

Selain pembentukan Dewan Pengawas, mantan Wagub DKI Jakarta ini juga sepakat soal poin mengenai Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3), apalagi manusia menurutnya jelas tidak luput dari kesalahan.

“Karena manusia itu bisa melakukan kesalahan. Seandainya teman-teman di KPK melakukan kesalahan, perlu diberikan exit mechanism SP3,” tuturnya.

Namun dia tak sepakat soal poin revisi UU KPK yang di mana penyadapan dilakukan KPK harus meminta izin ke Dewan Pengawas. Karena hal itu bakal membuat birokrasi penyidikan panjang.

Meski demikian, Sandiaga mengakui revisi UU KPK ini membuat kontroversi di masyarakat dan menurutnya hal itu wajar. Tapi dia meyakini revisi UU KPK ini tidak akan melemahkan lembaga antirasuah.

“Sekarang kita harus bersatu dengan teman-teman yang di DPR. Dengan pemerintah juga untuk menghadirkan dengan UU yang Insya Allah 17 tahun berjalan KPK bisa lebih kuat dan berperan,” kata Sandi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *