oleh

Komunitas Masyarakat Indonesia Timur Gelar Acara bertajuk “Sa Suka Papeda” (Papua Pentas Damai)

Indonesiabangsaku.com, Jakarta – INDONESIA yang DAMAI dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote adalah harapan bersama seluruh Anak Bangsa. KEDAMAIAN hanya bisa terwujud kalau seluruh komponen bangsa memiliki kepedulian yang sama terhadap pentingnya MERAWAT KEBERAGAMAN di Bumi Nusantara yang sangat heterogen ini.

Insiden rasis dan diskriminasi terhadap mahasiswa asal Papua yang terjadi di Surabaya beberapa waktu yang lalu, telah mencederai keberagaman kita. Insiden itu telah berimbas pada terjadinya kerusuhan dan gangguan keamanan di beberapa daerah di Tanah Papua. Dan karenanya insiden-insiden itu patut menjadi keprihatinan bersama, dan berharap tidak akan pernah terjadi lagi terhadap siapapun dan di wilayah manapun. Karena Kita Semua Bersaudara.

Sadar akan hal itu, Komunitas Masyarakat Indonesia Timur di wilayah Provinsi Banten menggelar acara bertajuk “Sa Suka Papeda” (Papua Pentas Damai). Menampilkan beberapa tarian etnik dari wilayah Indonesia Timur yang dipentaskan oleh para pemuda dan mahasiswa asal Indonesia Timur yang tengah menuntut ilmu di beberapa Perguruan Tinggi di Provinsi Banten. Juga menghadirkan beberapa Bintang Tamu asal Indonesia Timur yang sudah berkiprah di pentas nasional, seperti Audrey Papilaja dari Maluku, Mario G Klau dari daerah Perbatasan RI-Timor Leste, serta Yucan Pandango dari Pulau Sumba (NTT). Tidak lupa pula, Komunitas masyarakat Indonesia Timur menampilkan beberapa putera-puteri berprestasi dari Papua yang sukses menjadi Pilot Garuda, maupun yang sedang menjalani sekolah Pilot di Garuda dan Citylink.

Kreasi para milenial asal Indonesia Timur ini patut diapresiasi. Ini adalah ekspresi dari kepedulian mereka yang menginginkan agar Negeri yang gemah ripah loh jinawi ini selalu damai dan aman. Aman dari persekusi bangsa sendiri, serta aman dari gangguan bangsa lain.

Sejalan dengan itu, melalui pagelaran ini, Masyarakat Indonesia Timur di wilayah Provinsi Banten menyerukan kepada seluruh anak bangsa, untuk:

  1. Bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan dan terus merawat kebhinekaan kita sebagai satu bangsa yang sangat heterogen.
  2. Menolak segala bentuk persekusi dan rasis terhadap siapapun dan di wilayah manapun.
  3. Menolak campur tangan negara lain yang hingga saat ini masih terus berupaya dengan berbagai cara untuk memisahkan Tanah Papua dari Negara Kesatuan RI.
  4. Mendukung langkah-langkah dan upaya Pemerintah Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia Unggul, Kreatif dan Inovatif dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0.

Bumi Serpong Damai, Banten,  September 2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *