oleh

Kemenhub Dorong Perempuan Berkarier di Sektor Maritim

Indonesiabangsaku.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong perempuan di Indonesia untuk berkiprah di sektor maritim dan berperan aktif mendukung perwujudan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo dalam acara Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Peringatan Hari Maritim Sedunia (World Maritime Day) 2019, mengatakan, ada kesan bahwa dunia maritim itu identik dengan lapangan kerja bagi laki-laki.

“Padahal perempuan juga bisa berperan penting di industri kemaritiman. Saat ini sudah banyak perempuan yang berprofesi sebagai pelaut di kapal-kapal swasta maupun kapal negara,” ujar dia dalam keterangan resminya, Jumat, 20 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Agus menuturkan, pemerintah Indonesia sudah lama mendukung dan melaksanakan kesetaraan gender. Hal ini juga terlihat dari pimpinan-pimpinan organisasi dan perusahaan yang bergerak di sektor maritim, sudah lama tidak lagi membedakan gender.

“Misalnya, Ketua INSA, beberapa Kepala UPT Ditjen Perhubungan Laut dan jabatan strategis lainnya telah dijabat oleh kaum perempuan,” kata dia.

Agus mengatakan pemerintah sedang mengupayakan peningkatan peran perempuan di dunia maritim. Di antaranya dengan memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para perempuan yang bekerja di sektor maritim untuk berpartisipasi di berbagai kegiatan, baik secara nasional maupun internasional.

Kemudian mempromosikan SDM perempuan untuk menduduki jabatan yang strategis sesuai dengan kompetensianya, serta meningkatkan kompetensi SDM perempuan di sektor maritim melalui program capacity-building baik secara nasional maupun partnership dengan negara-negara lain.

“Dengan penguatan peran perempuan di komunitas maritim diharapkan di masa yang akan datang tidak ada lagi dominasi gender dalam bidang kerja di semua lini dalam sektor maritim,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *