oleh

Wamena Terkini: Kondisi Aman, 5.000 Orang Masih Mengungsi

IndonesiaBangsaku.com – Polisi memastikan kondisi Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Pupua, aman. Saat ini masih ada sekitar 5.000 orang yang mengungsi akibat kerusuhan beberapa waktu lalu.

“Kondisi Wamena aman. Sudah pulih aktivitas ekonomi, pertokoan sudah buka. Patroli (aparat keamanan) normal,” kata Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya saat dihubungi, Sabtu (28/9/2019).

Untuk pemulihan situasi, polisi/TNI mengintensifkan pertemuan dengan tokoh masyarakat dan para kepala suku. Polisi memastikan akan menindak tegas kelompok pengganggu keamanan di Wamena.

“Yang jelas aman, kondusif, kami jamin keamanan. Kami akan lakukan tindakan tegas, melakukan tindakan terukur bila ada gangguan,” tegas Tonny.

Dia menjelaskan, hingga hari ini masih ada warga yang mengungsi. Para pengungsi tersebar di polres, polsek, asrama kodim, juga koramil di Wamena.

“Jumlah pengungsi seluruhnya hampir 5.. Bantuan sudah tercukupi dari Dinas Sosial provinsi, bantuan dari gubernur dan bupati,” katanya.

Kerusuhan di Wamena terjadi Senin (23/9) pukul 09.00 WIT. Sejumlah bangunan seperti rumah dinas, ruko, dan kantor bupati dibakar massa. Akibat kerusuhan, warga pendatang minta dievakuasi.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Senin (23/9) menduga demo yang berakhir rusuh di Wamena dipicu oleh hoax bernada rasis. Hoax yang menyebar lewat media sosial tersebut saat ini sedang ditelusuri oleh polisi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *