oleh

Haidar Alwi: Rentetan Aksi Demonstrasi Ditunggangi HTI

IndonesiaBangsaku.com – Pegiat anti radikalisme dan rasisme, Haidar Alwi menduga rentetan aksi demonstrasi di beberapa wilayah di Indonesia merupakan upaya untuk menggagalkan pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober mendatang.

Haidar menduga aksi unjuk rasa yang dilakukan sampai dengan hari ini Senin kemarin (30/10/2019) ditunggangi oleh kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang sakit hati lantaran dibubarkan Presiden Jokowi.

“Bisa dipastikan ini ada dalangnya. kalau semua berkutat di RUU semua ada jalannya,” katanya dalam diskusi dinamika politik menjelang pelantikan di Cikini, Rabu (2/10/2019).

Haidar menilai, demo yang semula damai, lalu bisa menjadi anarkis dalam sekejap, hal itu kata dia perlu dipertanyakan dan pola tersebut sama dengan apa yang terjadi di Tunisia, Afhansistan dan Suriah.

Sehingga ia memprediksi jika agenda lanjutan aksi unjuk rasa masih akan berlangsung dengan kekuatan masa yang semakin bertambah hingga menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Saya berharap polri dapat mencari pendalang demo dan siapa yang menandai demo berjilid ini. saya yakin 18-19 demo puncak dari aksi unjuk rasa,” tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan pengamat politik Karyono Wibowo, yang melihat gelombang aksi unjuk rasa ini didasari karena adanya kepentingan dari pihak-pihak yang berkepentingan yang muaranya untuk menggagalkan pelantikan presiden.

“Kedepan perlu ada pradigma baru terhadap gerakan mahasiswa yang mengedapkan kontruksi kritis,” katanya.

Sementara itu, Wahab Talaohu aktivis 98 mengatakan, aksi unjuk rasa yang dilakukan pelbagai elemen masyarakat beberapa hari kebelakang berbeda dengan aksi tahun 1998. Hal itu katanya dapat dilihat dari proses panjang sebelum melakukan aksi pada bulan Mei 1998.

“Saya yakin gelombang gerakan yang kemari instan ini tidak mungkin murni dari idelogis mahasiswa pasti ada kelompok yang menunggangi untuk kepentingan politik,” katanya.[]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *