oleh

UI Jadi Percontohan Kampus Sehat

IndonesiaBangsaku.com – Penyakit tidak menular (PTM) menjadi salah satu masalah kesehatan dan penyebab kematian yang menjadi ancaman global bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Maka dari itu, saat ini Kementrian Kesehatan terus menggalakan promosi kesehatan kepada masyarakat.

Melalui diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema Peluncuran Program Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit, yang berlangsung di Aula IMERI, UI Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (4/10), Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Komunitas dan Kampus Sehat di lingkungan kampus Universitas Indonesia (UI).

UI menjadi kampus percontohan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat, serta menggiatkan Promosi Kesehatan dan Penyakit Tidak Menular (PTM) di tengah-tengah mahasiswa dan civitas akademika lainnya.

“Kampus Sehat ini adalah inisiatif dari UI yg didukung oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Cut Putri Ariani, Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementrian Kesehatan RI.

Di hari yang sama, diluncurkan juga program Komunitas dan Kampus Sehat yang diresmikan di tiga kampus lainnya, yaitu di Universitas Nasional Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, DIY. Masih di hari yang sama, diluncurkan pula percontohan Komunitas Sehat yang dijalankan oleh Kabupaten Sidoarjo di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Musi Banyu Asin di Provinsi Sumatera Selatan, dan Kota Depok, Jawa Barat.

Posbindu merupakan bagian dari program Komunitas dan Kampus Sehat – yang diharapkan mampu mereplikasi upaya deteksi dini di kampus. UI memiliki 20 pusat Posbindu yang dilayani oleh 140 kader kesehatan yang tersebar di seluruh fakultas, program, sekolah serta kantor-kantor di UI Salemba maupun Depok.

Posbindu adalah wadah intervensi kesehatan yang dibangun oleh masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan dijalankan oleh masyarakat itu sendiri. Seluruh Posbindu di lingkungan kampus UI difasilitasi oleh Klinik Satelit UI, yang dikepalai oleh Dokter Dhanasari Vidiawati Sanyoto atas dukungan Kemenkes RI dan TNP2K.

“Posbindu dan Posyandu merupakan komitmen kita untuk menurunkan angka penyakit tidak menular,” jelas Arianie.

Adapun kegiatan yang dilakukan di Posbindu UI adalah screening & pemeriksaan fisik yang terdiri atas Pengukuran BMI (Body Mass Index – Indeks Massa Tubuh), Pemeriksaan darah untuk mengetahui tekanan darah, gula darah, serta kolesterol, pemeriksaan lingkar perut, dan tekanan darah.

Program Kampus Sehat merupakan arahan dari Kementerian Kesehatan RI yang diharapkan dapat menggerakan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia sehat dengan terlibat langsung dalam upaya-upaya promotif, dan preventif,di lingkungan perguruan tinggi. (PS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *