oleh

Politik MPR Anggap Mahasiswa yang Mau Demo Saat Pelantikan Jokowi Tak Etis

IndonesiaBangsaku.com – Badan Eksekutif Mahasiswa berencana kembali menggelar unjuk rasa saat pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden 2019-2024. Tetapi, rencana tersebut malah dinilai tidak etis oleh MPR.

Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid menganggap aksi yang dilakukan mahasiswa itu justru mengganggu acara kenegaraan. Lantas dia mengingatkan betapa Jokowi toleran sebagai kepala negara.

“Pak Jokowi saja toleran, presiden saja mentoleransi membuat waktu agar tak mengganggu umat lain yang beribadah pada hari minggu. Terus masa ada acara kenegaraan diganggu oleh kalangan terpelajar lagi, aneh menurut saya,” kata dia di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Meski begitu, dia menganggap aksi menyampaikan pendapat di muka umum memang telah dijamin konstitusi. Dia pun meminta agar mahasiswa bisa berfikir dewasa dan mengurungkan niatnya untuk turun ke jalan ketika pelantikan Jokowi nanti.

“Demontrasi dalam demokrasi itu lumrah, cuma pikirlah yang bijaksana,” ujar dia.

Lantas dia mempertanyakan, apakah langkah yang ditempuh mahasiswa menggelar aksi diacara besar seperti pelantikan Jokowi elok atau tidak.

“Khidmat nggak sih kalaubada acara pelantikan presiden yang dipilih mayoritas masyarakat, kemudian diganggu dengan demo? Saya yakin masyarakat Indonesia cukup dewasa, saya yakin mahasiswa Indonesia cerdas, tidak akan ditunggangi buat rusuh,” kata dia.

Menurutnya masih banyak cara lain yang bisa ditempuh mahasiswa selain demo. Namun demikian, dia tidak menyebutkan cara apa yang harus ditempuh kalangan tetpelajar ini.

“Kan masih banyak cara lain yang tidak mengganggu lalu lintas, ganggu masyarakat,” kata dia. [ipg]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *