oleh

Jalan Trans Papua Wamena – Jayapura, Mampu Tekan Harga Kebutuhan Pokok

IndonesiaBangsaku.com – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Papua mengklaim pembangunan Jalan Trans Papua yang menghubungkan Wamena dan Jayapura sering terhambat karena makin padatnya kendaraan yang melewati jalur tersebut, terutama yang melakukan distribusi sembako dari Jayapura ke Wamena dan sekitarnya. Ruas jalan tersebut dibangun sepanjang 575 kilometer dan tersisa 154 kilometer.

Kepala BBPJN XVIII Papua, Osman Marbun menyebutkan jalan Trans Papua Wamena –Jayapura menghubungkan sejumlah kabupaten di Pengunungan tengah Papua yakni Yalimo, Jayawijaya, Tolikara, Puncak Jaya, Puncak (Sinak-Ilaga), Lanny Jaya, Memberamo Tengah, Nduga hingga Mbua.

“Antusias warga untuk menggunakan jalur ini sangat tinggi. Saat ini, harga barang di Wamena dan Yalimo juga turun drastis dari sebelumnya. Jalur ini dapat menekan pengiriman barang dari Jayapura ke Wamena dan sekitarnya hingga Rp5000 per kilogramnya,” kata Osman, Kamis (13/12).

Saat ini, pembangunan sejumlah ruas jalan Trans Papua terus dikerjakan, agar dapat menghubungkan seumlah kabupaten/kota di Papua. (Katharina)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *