oleh

HPS di Sultra Dihadiri 12 Gubernur, 71 Bupati dan 16 Duta Besar

IndonesiaBangsaku.com – Hari Pangan Sedunia (HPS) yang digelar di Sulawesi Tenggara dihadiri oleh 12 gubernur dan wakil gubernur, 71 bupati dan wali kota serta 16 duta besar negara sahabat.

Hal ini diungkapkan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto yang juga Ketua Panitia HPS ke-39 di Sultra.

“Selain itu dihadiri 6 organisasi internasional dan sekitar 5 ribu petani,” katanya dalam sambutannya, di Desa Puudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan.

Ia menyebut, HPS ini merupakan kegiatan tahun yang digelar sejak 1981 bersama salah satu Badan PBB, Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO).

“Maskud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat internasional pentingannya pangan dalam memenuhi pangan dunia berkelanjutan,” katanya.

Ia menyebut, dalam agenda HPS ke-39 kali ini digelar berbagai kegiatan diantaranya diplomatik tour di Kabupaten Konawe untuk melihat langsung pengelolaan sagu yang moderen.

Kemudian, menggelar inovasi teknologi kakao yang ada di Kabupaten Konsel serta seminar nasional pemanfaatan pangan lokal.

“Selain itu, ada festival pangan lokal dari 34 provinsi serta temu bisnis kakao,” bebernya.

Di acara HPS juga kali ini disiapkan 226 stan yang dipusatkan di MTQ Kendari.

HPS ini dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sebelum dibuka, politikus Partai NasDem itu meninjau pembibitan kakao dan sempat memanen buah kakao serta mencicipinya di lokasi HPS.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *