oleh

Makna Hari Pahlawan Menurut Yayan Riyanto: Berjuang Memberi Manfaat

IndonesiaBangsaku.com – Peristiwa pada 10 November 1945 identik dengan perlawanan warga Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo. Peristiwa ini tercatat sebagai sejarah Indonesia dan diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Peristiwa ini, memperlihatkan kepada dunia bahwa Bangsa Indonesia memiliki kekuatan. Generasi penerus memiliki peran yang sangat penting untuk menerusan perjuangan para pahlawan. Semangat serta perjuangan untuk Indonesia perlu diteruskan agar Indonesia menjadi bangsa yang sejahtera.

Hal ini dikatakan oleh Yayan Riyanto, SH, MH pendiri dan ketua Dewan Pembina LBH Prodeo Ismaya, Kota Malang. Dia mengatakan, peristiwa 10 November mengingatkan kepada semuanya untuk terus mengenang perjuangan dan meneruskan-nya.

“Ya, selain untuk mengenang pahlawan yang telah gugur, memperjuangkan kemerdekaan adalah tauladan dari para pahlawan yang harus dicontoh,” ucap Yayan.

Banyak yang bisa dijadikan contoh untuk mengisi kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawan.”Untuk mewujudkan menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang maju sejahtera bagi seluruh rakyat-nya, kita bisa meniru sifatnya yang selalu mementingkan kehidupan bangsa Indonesia,” imbuh pengacara senior di Kota Malang ini.

Mempelajari dan meneruskan perjuangan pahlawan tak luput dari cerita sejarah yang harus diketahui. Tak banyak, generasi sekarang tidak belajar sejarah lebih dalam. Saat ini, meneruskan perjuangan tidak harus dengan tempur di medan perang, tapi kata dia, melainkan tempur melawan diri sendiri dari sifat malas.”Kita harus bersemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dan dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Itu hal yang harus kita perangi dari diri kita masing masing,” ucap mantan ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi, Malang ini.

Dia juga memiliki harapan yang besar kepada generasi muda pasalnya, nasib Indonesia kedepan berada di tangan generasi penerus.”Generasi penerus diharapkan bisa melanjutkan perjuangan pahlawan untuk Indonesia lebih baik. Dan harus selalu belajar sejarah karena banyak pelajaran yang diambil dari perjuangan pejuang,” tandasnya.(ads).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *