oleh

Iris Murib Pimpinan OPM Ditangkap, Buron 4 Tahun dan Tewaskan Banyak Polisi

IndonesiaBangsaku.com – Pimpinan Kelompok Kriminal Beresenjata (KKB) Iris Murib ditangkap setelah buron hampir empat tahun. Dia diamankan sebelum hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka, 1 Desember 2019.

Iris Murib dianggap menjadi salah seorang pimpinan OPM yang menyerang Polsek Sinak, pada Desember 2015. Tiga anggota polri, dan satu anggota OPM meninggal karena kontak senjata.

“Peran Iris Murib adalah eksekutor yang melakukan penembakan terhadap empat anggota Polsek Sinak dengan menggunakan senjata laras panjang,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dalam keterangan tertulis, Jumat (22/11/2019).

Tim gabungan Polda Papua dan Polres Mimika menangkap Iris pada Kamis (21/11), sekitar pukul 14.21 WIT. Iris sedang duduk di dalam honay (rumah adat Papua) bersama dengan 6 orang laki-laki dengan memegang senjata tajam berupa parang dan kampak pada saat diamankan.

“Sempat melakukan perlawanan, tetapi Iris Murib berhasil diamankan. Selanjutnya Iris Murib di bawa ke Mapolres Mimika untuk proses hukum lebih lanjut. Kasus ini telah ditangani oleh tim gabungan Polda Papua dan Polres Mimika,” tutur Kamal.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan Iris keluar dari persembunyian karena mencari pasokan bahan makanan. Paulus menduga, kelompok Iris juga merencanakan penyerangan.

“Dia turun dari gunung untuk mencari dukungan pasokan bahan makanan untuk kelompoknya. Selain itu, dia juga tengah mengumpulkan amunisi, tapi kita masih dalami, yang rencana untuk kelompoknya untuk aksinya,” kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw di Mapolres Mimika, Sabtu (23/11/2019). (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *