oleh

Tokoh Papua Menolak Semua Bentuk Aksi Pro OPM Dan Ajak Jaga Perdamaian

IndonesiaBangsaku.com – Menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OMP) 1 Desember, banyak tokoh masyarakat dan tokoh adat Papua melontarkan imbauan. Di antaranya adalah Agus Rawa Kogoya, Ketua La Pago Provinsi Papua.

Pria asal Wamena ini menolak semua bentuk aksi yang berkaitan dengan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Saya menghimbau kepada seluruh rakyat Papua tidak boleh melakukan rapat atau kegiatan aksi turun jalan yang mengarah kepada tindakan-tindakan anarkis, dimana tanggal 1 Desember seperti yang kita ketahui merupakan HUT Papua Merdeka,” kata  Agus dalam acara jumpa pers di Abepura, Papua, Kamis (28/11/2019).

Agus mengaku, dirinya sudah mendengar para aktivis KNPB, ULMWP dan mahasiswa akan menggelar acara pada 1 Desember 2019 di sejumlah tempat di Papua untuk merayakan HUT OPM, seperti  di Lapangan Trikora Abepura, Anjungan Expo Waena dan Rusunawa Perumnas III Waena.

“Saya pun telah menghimbau agar kegiatan tersebut tidak boleh dilaksanakan,” tegas Agus.

Menurut Agus, kondisi di Papua, khususnya di Jayapura belum sepenuhnya aman karena masih ada kelompok-kelompok pro separatis yang memiliki agenda politik tententu. Demi agenda politik itu, mereka bisa saja memprovokasi warga untuk melakukan tindakan-tindakan yang melanggar  hukum dan menyerang  aparat keamanan sehingga bisa jatuh korban, sebagaimana terjadi pada 29 Agustus 2019 yang lalu.

“Apabila kegiatan tersebut tetap dilaksanakan, maka akan terjadi gesekan antara pihak keamanan dengan masyarakat sipil, dan pasti akan ada korban yang jatuh. Oleh karena itu, saya sebagai Ketua Lapago Provinsi Papua, sekali lagi mengecam rencana kegiatan tersebut untuk tidak dilaksanakan,” kata Agus lagi.

Agus juga mengimbau kepada masyarakat baik pendatang maupun OAP (orang asli Papua) untuk tidak melakukan perjalanan jauh menjelang 1 Desember guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepada para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan para pemuda, Anggota DPR Papua dan MRP di Papua dan Papua Barat,  Agus mengajak untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan agar tetap damai dan kondusif. Karena memasuki bulan Desember, seluruh umat Kristiani di Papua sudah mempersiapkan diri untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2020.

“Papua adalah zona damai. Aparat keamanan jangan ragu-ragu menindak oknum-oknum yang ingin memecah belah bangsa,” tutup Agus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *