oleh

Jelang Perayaan HUT OPM, Polri: Tidak Ada Pengamanan Khusus

IndonesiaBangsaku.com – Jelang Haul OPM, Polri Ambil Upaya Kepolisian Terbatas

Organisasi Papua Merdeka akan memperingati hari lahirnya pada 1 Desember 2019. Terkait hal tersebut, aparat kepolian telah mengambil langkah guna menciptakan kondisi yang kondusif.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen M Iqbal mengatakan, akan menggelar dialog dengan tokoh masyarakat dan agama untuk menciptakan suasana aman.

“Tidak ada pengamanan khusus, yang jelas kami akan lakukan upaya kepolisian terbatas, yaitu dialog dengan tokoh masyarakat, agama untuk menciptakan kondisi yang kondusif,” ujar Iqbal di Bareskrim Polri, Senin (11/11/2019).

Meski demikian, polisi tetap mengimbau agar tak terjadi mobilisasi massa yang berpotensi menciptakan kerusuhan. Selain itu, polisi juga mengimbau massa tidak melalukukan upaya-upaya melanggar hukum.

“Bahwa setiap perayaan HUT itu, kami imbau tidak memobilisasi massa dan tidak melakukan pelanggaran apa pun,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, pemerintah turut mengantisipasi potensi kerusuhan saat hari peringatan lahirnya Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019.

Mahfud memastikan, pemerintah akan bertindak tegas terhadap pihak yang melanggar standar prosedur operasional, termasuk terhadap aparat kemanan.

“Semua kami antisipasi, semua sudah ada SOP-nya, dan yang setiap pelanggaran SOP akan ditindak, meskipun dilakukan oleh internal aparat,” kata Mahfud MD di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *