oleh

Ada Soal Ujian tentang Khilafah di Kediri, Kemenag Jatim Minta Maaf

Indonesiabangsaku.com – Ada soal ujian tentang paham khilafah di madrasah aliyah negeri (MAN) di Kediri Utara. Beberapa soal tersebut tampak di mata pelajaran fiqih untuk siswa kelas XII.

Saat dimintai konfirmasi, Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim Moch Amin Machfud mengatakan pihaknya telah mendengar kabar itu. Bahkan Amin telah mengecek soal tersebut.

“Pertama, kami mohon maaf atas kejadian ini terkait dengan soal fiqih yang diujikan di MAN wilayah kerja Kediri Utara,” kata Amin saat ditemui di Kanwil Kemenag Jatim, Kamis (5/12/2019).

Amin menambahkan, soal ini ditemukan pada enam MAN di Kediri. Rinciannya, ada lima MAN di Kabupaten Kediri dan satu MAN di Kota Kediri. Namun, menurutnya, soal itu belum diujikan di semua MAN, baru di beberapa madrasah saja.

“Kediri ada lima madrasah aliyah, kemudian di kota ada satu, jadi total enam. Saya menjelaskan soal ini memang tidak semua madrasah aliyah sudah mengujikan, hanya di Kabupaten Kediri dan yang lain-lain belum diujikan,” imbuhnya.

Dari data yang diterima detikcom di Surabaya, soal-soal tersebut diujikan pada Rabu (4/12). Ada beberapa soal yang memang membahas tentang khilafah. Misalnya saja tentang tujuan dibentuknya khilafah, dalil penerapan khilafah, hingga dasar dibentuknya khilafah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *