oleh

Mulai Tahun Depan, Indonesia Ekspor 500 Ribu Ton Beras Premium

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Mulai tahun depan, Indonesia mengekspor beras premium pada kisaran 100 ribu ton sampai 500 ribu ton.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, ekspor beras premium itu ditargetkan bisa dimulai pada April 2020.

Kementerian pertanian akan mempersiapkan ekspor tersebut selama tiga bulan pertama tahun depan.

Rencana ekspor beras premium itu sebagai respons permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kementerian Pertanian

“Insya Allah mulai dari Januari ini persiapan-persiapan ekspor itu akan saya coba lakukan dengan baik,” ujar Syahrul Yasin Limpo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Menurutnya, untuk memproduksi beras premium, Kementan mempersiapkan bibit yang berkualitas serta memperbaiki sarana dan prasarana.

“Kami persiapkan bibitnya, kesiapan lahannya, irigasi, tesnya di mana, harus bisa bersaing dengan beras-beras yang ada dari negara lain,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Pada tahap pertama, ucapnya, ekspor beras premium pada kisaran 100 ribu ton sampai 500 ribu ton beras ke beberapa negara.

“Negaranya saya jajaki dulu, dalam pikiran saya tentu saja diekspor ke mana, tapi nanti perlu dikomunikasikan lebih teknis lagi,” ujarnya.

Terkait waktu pasti Indonesia bisa ekspor beras, kata Syahrul, kemungkinan dapat dilakukan pada April 2020. Selama tiga bulan pertama melakukan persiapan secara matang.

“Ekspor kami berusaha 100 hari dari Januari, jadi kurang lebih sampai Maret 2020 (persiapan),” kata Syahrul Yasin Limpo. (Seno Tri Sulistiyono)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *