oleh

Arya Sinulingga Ungkap Pihaknya Mempekerjakan Konsultan Dunia dalam Melakukan Evaluasi BUMN

Indonesiabangsaku.com – Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga mengungkapkan pihak kementeriannya menggunakan tenaga konsultan dunia dalam melakukan pembenahan perusahaan BUMN.

Hal tersebut disampaikan melalui telewicara dalam acara Sapa Indonesia Pagi yang videonya diunggah di kanal YouTube ‘Kompas TV’, Senin (9/12/2019).

Konsultan tersebut akan membantu Kementerian BUMN dalam mengevaluasi perusahaan.

Sehingga dapat menunjang Kementerian BUMN untuk mendapatkan data lain yang diperlukan.

“Sekarang kita menghire konsultan dunia yang memang untuk membantu kami melihat evaluasi BUMN, jadi itu mensupport kami untuk mendapatkan data yang lain,” jelas Arya.

Arya menjelaskan pihak Kementerian BUMN dalam melakukan evaluasi dilihat dari dua poin, yakni kinerja dan pemimpin perusahaan.

Apabila dalam melakukan evaluasi ditemukan kinerja dan manajemen perusahaan tersebut baik, maka tidak perlu adanya perombakan.

Namun apabila dalam evaluasi pihak Kementerian BUMN menemukan kinerja dan manajemen yang tidak baik maka akan diganti.

“Kita evaluasi semua BUMN kita, setelah evaluasi nanti dilihat mana BUMN yang memang baik kinerjanya, baik manajemennya itu tidak perlu diganti,” tutur Arya.

“Tapi kalau yang tidak baik manajemennya, tidak baik kinerjanya itu memang akan diganti,” imbuhnya.

Arya mengungkapkan cara menilai sebuah perusahaan adalah dengan melihat pemimpinnya.

Apabila suatu perusahaan memiliki pimpinan yang memiliki kemampuan manajerial yang baik serta memiliki akhlak, maka perusahaanya juga akan mengikuti.

Sehingga Arya menegaskan pihak Kementerian BUMN dalam melakukan evaluasi suatu perusahaan BUMN dilihat dari pimpinannya.

“Kita percaya kalau yang namanya perusahaan itu intinya dipucuk pimpinannya,” ucap Arya.

“Kalau dipucuk baik dan benar, baik secara kemampuan manajerial dan akhlaknya juga kata Pak Erick Thohir, itu pasti baik juga perusahaannya.”

“Makannya kunci kami adalah mengevaluasi memang termasuk pimpinannya,” tambahnya.

Sementara itu Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Andre mengatakan dengan Erick Thohir bersikap cepat dan tegas dapat menjadi kejutan untuk seluruh jajaran direksi perusahaan BUMN.

“Kita sangat mengapresiasi langkah cepat dan tegas yang dilakukan oleh Pak Erick Thohir,” jelas Andre.

“Dengan harapan langkah cepat dan tegas di kasus Garuda ini, bisa membuat shock theraphy kepada seluruh direksi BUMN yang ada,” tandasnya.

Hal tersebut diharapkan dapat menjadi peringatan bagi direksi perusahaan BUMN lain untuk tidak menggunakan kekuasaan dan jabatan sesuka hati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *