oleh

Jalan Tol Diresmikan, Penggagas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Awang Faroek Ishak Bersyukur

IndonesiaBangsaku.com – Tol Balikpapan-Samarinda yang diresmikan Presiden Joko Widodo saat ini diguyur hujan.

Meski hujan, para pejabat pemerintahan daerah juga sudah mulai berdatangan seperti Bupati Kukar  Edi Damansyah dan Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud.

Dari pantauan Tribunkaltim.co, semua elemen yang datang dan hadir dalam acara peresmian Tol Balsam ini berkumpul untuk berteduh di bawah Gerbang Tol Samboja.

Aspal jalan Tol Balsam yang tadinya kering seketika basah terguyur air hujan yang membuat orang-orang berdatangan menggunakan payung.

Acara peresmian ini juga dihadiri mantan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak  yang merupakan inisiator  pembangunan jalan tol di Kalimantan Timur.

Dibantu kursi roda mantan Gubernur Kalimantan Timur  ini turut mengucap syukur atas terselesaikannya jalan tol Balikpapan-Samarinda.

“Syukur Alhamdulillah proyek strategis Nasional ini bisa selesai dengan baik. Meskipun belum semua terlaksana, tapi saya bersyukur dengan suka dukanya kita berhasil membangun jalan tol ini,” ujar Awang Faruk, Selasa (17/12/19).

Diketahui, Tol Balsam merupakan salah satu infrastruktur jalan tol yang dibangun pemerintah dalam rangka mendukung konektivitas ke kawasan Ibu Kota Baru.

Pembangunan jalan tol itu memang saat ini diprioritaskan masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagai jalan tol pertama yang dibangun di Kalimantan.

 Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan meresmikan jalan tol Balikpapan – Samarinda yang merupakan cikal bakal dari Tol Trans Kalimantan, siang ini, Selasa (17/12/2019).

Diketahui peresmian jalan tol pertama di benua Etam akan digelar di Gerbang Tol Samboja di Jalan Soekarno-Hatta Km 38, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Panjang jalan tol Balikpapan Samarinda yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo nanti sepanjang 66 Km dari total panjang jalan tol 99 Km. Peresmian jalan tol dilakukan hari ini dan akan difungsionalkan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru.

Acara peresmian akan berlangsung di gerbang tol Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Sementara ini Presiden Joko Widodo bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden bersama rombongan diperkirakan tiba di bandara SAMS Sepinggan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 10.45 WITA.

Dalam penerbangannya menuju Provinsi Kalimantan Timur, Presiden juga turut didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Tidak ketinggalan mengiringi, terdapat 80 wartawan media Nasional dan 40 wartawan media lokal juga akan meliput kegiatan Presiden Joko Widodo untuk meresmikan pembangunan Mega Proyek yang berada di pulau Kalimantan tersebut.

Berdasarkan agenda yang didapat, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, serta Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Masud rencananya juga akan hadir dalam moment peresmian itu.

Diketahui setelah agenda peresmian Tol Balikpapan-Samarinda selesai, Presiden Joko Widodo juga direncanakan akan meninjau titik 0 Ibu Kota Negara baru, yang akan dilakukan dengan perjalanan darat.

Dalam kabar yang beredar, perjalanan Presiden Joko Widodo ke daerah Sepaku nantinya, Abdul Gafur Masud akan mengemudikan langsung kendaraan pribadinya yang akan digunakan Presiden Republik Indonesia. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *