oleh

PUPR: Jokowi Bakal Cek Lahan Istana Presiden di Sepaku Kaltim

Indonesiabangsaku.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana meninjau lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (17/12/2019) besok. Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Hidayat Sumadilaga membocorkan lokasi yang akan disambangi Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi bakal mengecek lahan yang akan digunakan sebagai pusat pemerintahan. Hal itu seiring dengan penetapan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, sebagai lokasi pusat ibu kota baru.

“Waktu itu kan pas awal-awal masih belum [ditentukan]. Sekarang kan sudah ditentukan lokasinya di Sepaku itu. Beliau ingin lebih spesifik ke daerah situ,” kata Danis di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Di sisi lain, tahapan sayembara desain ibu kota baru saat ini masih berlangsung. Danis membocorkan, dari semua karya peserta yang masuk kini menyisakan sekitar 30 desain dan segera menuju lima desain.

Desain tersebut, belum secara spesifik meliputi bangunan-bangunan yang ada pada kawasan ibu kota baru. Nantinya, tidak menutup kemungkinan Kementerian PUPR akan menggelar sayembara lagi untuk desain istana presiden.

“Ini baru urban design, basic konsep. Nanti ini harus dikembangkan lagi menjadi masterplan. Nanti ada khusus cluster ibu kota pemerintahan, di dalamnya ada lagi istana, mungkin ke depan harus kita sayembarakan lagi,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi akan bertolak menuju Kalimantan Timur untuk meninjau lokasi Ibu Kota baru, Selasa (17/12/2019). Selama 2-3 hari ke depan, kepala negara bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju akan meninjau titik utama yang akan menjadi lokasi pemerintahan baru.

“Mungkin 2-3 hari saya akan berada di sana untuk memastikan titik mana yang, ini kan gede banget, titik mana yang akan dipakai untuk lokasi klaster pemerintahan,” kata Jokowi akhir pekan lalu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *