oleh

Cegah Radikalisme, BNPT: Perketat ‘Screening’ ASN

IndonesiaBangsaku.com – Guna menangkal penyebaran radikalisme di kalangan birokrasi negara, perlu ada screening (penyaringan) yang ketat terhadap aparatur sipil negara (ASN).

“Selama ini kami (BNPT) dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang selalu melakukan screening di setiap penerimaan ASN,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius, dalam keterangan tertulis, Selasa (17/12/2019).

Ia menambahkan, screening yang dilakukannya hasilnya efektif sehingga kementerian dan lembaga negara lainnya harus melakukan hal ini agar tidak kecolongan oleh paham kekerasan tersebut.

Bahkan, menurut dia, tidak hanya calon ASN, para pejabat yang akan naik pangkat juga harus di screening lagi.

Suhardi menegaskan, masalah rekrutmen ASN ini tidak boleh main-main. Menurutnya, ini masalah penting, sehingga perlu adanya asesmen ulang.

“Kita ingin supaya ASN itu betul-betul tergambarkan, terpetakan dengan baik, tadi juga sudah saya sampaikan langkah-langkah penanganan masalah ini. Kami berharap beberapa tahun mendatang paham itu bisa direduksi. Ini merupakan bentuk kontribusi kepada negara demi pembangunan bangsa di masa mendatang,” katanya.

Suhardi mengungkapkan, BNPT siap membantu dan memberikan teknis screening tersebut bila diminta bantuan.

Sejauh ini, BNPT telah banyak diminta bantuan untuk melakukan screening seperti oleh kampus-kampus saat pemilihan rektor, guru besar, bahkan dosen. (Jo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *