oleh

Pemerintah Bentuk Badan Otoritas Pembangunan Ibu Kota Baru

Indonesiabangsaku.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasioal (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menegaskan, pemerintah akan membentuk Badan Otoritas Pembangunan Ibu Kota baru setingkat menteri, yang akan menuntaskan rencana pemindahan ibu kota ini.

Dikatakan politisi PPP ini, pemindahan ibukota negara bukan sekedar memindahkannya secara fisik. Tetapi, kata dia, pemindahan ibu kota ini adalah untuk mempercepat transformasi ekonomi, terbentuknya transformasi ekonomi yang juga mendorong atau menjadi sumber penggerak ekonomi di kawasan.

“Jadi kehadirannya itu tentu harus memberikan nilai tambah terhadap wilayah tetapi juga tidak hanya Kalimantan sentris tetapi memberi dampak luas kepada Indonesia sendiri,” tegasnya, memberikan keterangan kepada wartawan.

Guna memenuhi harapan agar pemindahan ibu kota negara tidak sekedar sebagai perpindahan kantor pemerintahan, tetapi ada sebuah transformasi, akan dibentuk Badan Otorita Pembangunan Ibu kota Baru. Badan ini setingkat menteri. “Itu akan segera di Perpres (Peraturan Presiden)-kan, karena proses di tingkat antar kementerian sudah selesai,” tandasnya.

Menurut Suharso, kewenangan Badan Otoritas itu sejak mempersiapkan, membangun dan kemudian proses pemindahan. Pemilihan Badan Otoritas ini karena menyangkut kewenangan-kewenangan atas tanah, atas lahan dan supaya pembangunan itu tersentral dengan baik secara administrasi, terutama dalam hal kewenangan atas lahan saat dibuat satu kerjasama atau KPBU dengan pihak ketiga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *