oleh

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolda Papua Bahas Keamanan Bersama Pemuka Agama

IndonesiaBangsaku.com – Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menggelar jamuan Kasih bersama FKUB dan PGGP Provinsi Papua, Sabtu (21/12) siang.

Dihadiri para tokoh agama di Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw membahas situasi terkini Kamtibmas di Papua lebih kondusif setelah beberapa kejadian.

“Gambaran umum mengenai masalah keamanan di jajaran Polda Papua masih dalam situasi aman dan terkendali, kami saat ini sedang melakukan pembaharuan persyaratan termasuk salah satu yang kami laksanakan saat ini yang kami lakukan perlu dilewati dan dibagikan, bisa dibagikan dengan FKUB dan PGGP yang terkait dengan keamanan dan ketertiban, di wilayah kita,”ungkap Waterpauw

Bahkan kata Paulus, terciptanya tempat yang aman dan nyaman di Papua tidak terlepas dari keikutsertaan para pemuka agama yang ada.

“Kami sangat meminta bantuan dari bapak-bapak sebagai Forum Kerukunan Umat Beragama untuk menghimbau, mengajak semua orang melakukan kegiatan perayaan Natal ini dengan sembari tetap waspada, dan mohon kiranya meminta bantuan apa saja, tolong minta bantuan ke petugas keamanan terdekat,” harapnya

Selanjutnya kata Paulus, beberapa minggu lalu telah ditangkap sejumlah terduga teroris. Saat ini tugas dari FKUB untuk membantu mencegah hal ini karena satu yang disetujui tentang paham terorisme yang menyebabkannya adalah faktor kemiskinan. 

“Tapi puji Tuhan, tim kami dari Densus 88 terus menangkap, mengikuti dan sudah sudah ditangkap, kemudian sudah dibawa ke Jakarta untuk diproses. Memang agak sulit harus memiliki awal yang cukup untuk melakukan penangkapan karena bisa dikomplain sebagai peralihan hak manusia,” ucapnya

Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di (PGGP) Pdt. MPA. Mauri menyampaikan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu aparat keamanan di Papua dalam hal ini TNI / Polri dalam menjalankan tugasnya dan fungsinya, sedangkan untuk para tokoh agama haruslah merangkum umat agar dapat mendukung TNI Polri.

Sementara itu Ketua MUI Provinsi Papua, Ustadz Syaiful Islam Al Payage menyampaikan terimakasih kepada aparat TNI / Polri yang telah bekerja keras menjaga kedamaian di tanah Papua ini. 

“Terkait dengan ideologi yang berbeda, kita harus memberikan pemahaman yang utuh kepada anak-anak muda kita ini tentang Papua adalah bagian yang utuh dari Indonesia. Saya siap jika mengumpulkan dan mengatur pertemuan antar umat agar kita bisa tau mana yang baik dan tidak baik,” katanya. * 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *