oleh

Jelang Nataru, Polri Monitoring Ketersediaan Pangan

IndonesiaBangsaku.com – Polri mengklaim ketersediaan pangan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020 mencukupi. Informasi itu diperoleh dari Tim Satgas Pangan yang dibentuk Polri untuk mengawasi ketersediaan tersebut.

“Berdasarkan informasi dari Satgas Pangan yang bekerja sama dengan stakeholders, dinyatakan hasil monitoringnya bahwa saat ini ketersediaan bahan pangan kita mencukupi. Jadi tidak ada kekurangan sedikit pun,” kata Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Asep Adisaputra di Gedung Bidakara, Jakarta, Kamis (19/12).

Meski begitu, lanjut Asep, terdapat sejumlah daerah yang masih dipantau secara khusus. Pemantauan itu dilakukan dengan maksud agar ketersediaan pangan tetap terjaga dan harga juga tetap stabil.

“Daerah tersebut yang kalau pemantauan khusus misalnya di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, daerah Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua dan Papua Barat,” kata Asep.

Asep menjelaskan, untuk memberikan jaminan ketersediaan bahan pokok dan juga harga tetap stabil, Satgas Pangan beserta tim akan terus bekerja melakukan monitoring ke berbagai wilayah. 

Asep mengingatkan jika nanti dalam pemantauan tersebut ditemukan ada indikasi pelanggaran hukum, maka aparat polisi akan segara melakukan penindakan.

“Indikasi-indikasi itu misalnya ada monopoli, ada permainan harga, ada penimbunan, ada menjual barang tidak sesuai sebagaimana yang dijanjikan atau tidak sebagaimana standar, karena bisa melanggar undang-undang pelayanan atau juga terkait dengan perlindungan konsumen,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *