oleh

Ratusan Banser di Subang Dikerahkan Jaga Gereja

IndonesiaBangsaku.com – Sebanyak 120 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Subang dikerahkan untuk membantu pengamanan malam Natal di sejumlah gereja di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Dengan koordinasi bersama aparat Kepolisian Resort Subang, ratusan Banser tersebut ditempatkan di beberapa gereja diantaranya Gereja Katolik Kristus Sang Penabur Subang, Gereja Katolik Bunda Pembantu Abadi Pamanukan, Gereja Bethel Purwadadi

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Subang, Asep Alamsyah Heridinata menegaskan, upaya pengamanan jaga gereja saat hari Natal sudah dilakukannya sejak dulu.

“Sudah bertahun-tahun kami melakukan ini (PAM Natal) demi menjaga kerukunan ummat beragama di Kabupaten Subang,” ujar Asep saat memantau pengamanan anggotanya di Gereja Katolik Bunda Pembantu Abadi Pamanukan, Subang, Selasa (24/12/2019) malam.

Ia menegaskan, keterlibatan Banser dalam pengamanan tersebut bukan serta merta turut meyakini hari Natal sebagai hari raya ummat kristiani, akan tetapi sebagai wujud saling menghargai antar ummat beragama.

“Ini sebagai klarifikasi bahwa Ansor dan Banser selalu difitnah kafir dan tak sedikit di-bully oleh kelompok tertentu karena jaga gereja. Tapi kami pastikan, anggota Banser tak sedikitpun imannya goyah saat jaga gereja,” tegasnya.

Bahkan, dirinya mengenang jasa Riyanto, Anggota Banser yang meninggal dunia saat menjaga malam natal di gereja Ebenhaezer Mojokerto Jawa Timur 17 tahun silam karena mencoba membuang bom yang ditemukan di dalam gereja yang akhirnya meledak dalam pelukannya.

“Riyanto adalah pahlawan kemanusiaan. Ia rela mengorbankan nyawanya demi nyawa orang banyak tanpa melihat latar belakang agama. Ini semakin menguatkan kami disini, bahwa melakukan kebaikan itu tanpa harus melihat latar belakang agama,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *