oleh

2020, Pemerintah Beri Keistimewaan Ini untuk Desa

IndonesiaBangsaku.com – Desa-desa di Kabupaten Malang bisa langsung tancap gas di awal tahun 2020.

Sebab,persentase pencairan dana desa untuk termin pertama meningkat dari sebelumnya 20 persen, menjadi 40 persen.

“Kan ini ada tiga termin. Kalau dulu 20%, Presiden sudah mengingatkan kalau untuk tahun 2020 mendatang dana harus cair 40%,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Rest Area Bululawang, Sabtu (28/12).

Gus Halim, sapaan akrabnya, menjelaskan meningkatnya anggaran 40% tersebut tergantung dengan dana yang dibutuhkan masing-masing desa.

“Ya tergantung desanya. Kalau contoh di desa itu anggarannya 500 juta. Jadi, Januari harus ada 40% dana yang dicairkan,” ujar dia.

Untuk pencairannya sendiri, kata Gus Halim, juga akan diperpendek peraturannya. Artinya, dana tersebut tidak melalui Pemerintah Kabupaten lagi.

“Tapi langaung ke Pemerintah Desa supaya bisa langsung digunakan untuk pembangunan,” tutur Ketua DPW PKB Jawa Timur itu.

Gus Halim, menjelaskan alasan Presiden Jokowi meningkatkan pencairan anggaran DD serta memotong birokrasi pencairan DD itu untuk segera menggerakkan perekonomian di desa.

“Fokus bapak (Jokowi) memang di desa dulu. Karena desa ini memang harus cepat pergerakan ekonominya untuk juga menggerakkan perekonomian nasional,” tungkasnya.

Sebagai informasi, untuk tahun 2020 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggelontorkan dana desa sebesar Rp 27 Triliun yang diambil dari APBN 2020.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *