oleh

Penanganan OPM Perlu Dikaji Secara Mendalam

Politikus Gerindra Fadli Zon menilai perlu kajian mendalam terkait usulan Organisasi Papua Merdeka (OPM) masuk daftar teroris internasional. Perlu dialog sebelum pemerintah mengubah status OPM dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi teroris.
 
Namun bila melihat OPM dari konteks sebagai kelompok separatis, maka penanganannya harus dilakukan secara khusus.
 
“Lebih bagus kita harus ajak dialog dulu. Tetapi kalau separatisme penanganannya memang seharusnya berbeda,” kata Fadli di Jakarta, Jumat, 27 Desember 2019.

Fadli mempertanyakan ketegasan pemerintah dalam menempatkan posisi OPM, apakah KKB yang mesti ditangani polisi atau kelompok separatis yang harus ditangani oleh TNI.
 
“Pemerintah kita menempatkannya sebagai apa? Selama ini kan sebagai kriminal bersenjata sehingga itu sebagai tindakan kriminal. Berarti yang menangani polisi. Kalau itu sebagai separatisme, yang menangani bukan lagi polisi, itu tentara,” ungkap Fadli.
 
Sebelumnya mantan Kepala BIN AM Hendropriyono mengusulkan agar status OPM bukan lagi sebagai KKB. Pasalnya kelompok tersebut merupakan pemberontak yang harus masuk dalam daftar teroris internasional.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *