oleh

Menaker Sebut BLK Komunitas Tingkatkan Kompetensi SDM Indonesia

IndonesiaBangsaku.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas bertujuan meningkatkan kompetensi SDM Indonesia untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter yang telah diberikan pada lembaga pendidikan keagamaan.

“Harapannya santri atau siswa dari lembaga pendidikan keagamaan tersebut serta masyarakat di sekitarnya memiliki akses untuk mendapatkan pelatihan keterampilan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal,” ujar Ida di Ponpes Al Fadlu 2, Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/12/2019).

Ida menegaskan hal ini selaras dengan kebijakan Presiden RI untuk menjadikan tahun 2019 dan seterusnya sebagai tahun pengembangan SDM, Kemnaker telah memfasilitasi masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan keterampilan (skilling), alih keterampilan (re-skilling) maupun menambah keterampilan (up-skilling)

“Di instansi pelatihan vokasi yakni ada 305 BLK Pemerintah, 5.020 LPKS, 109 lembaga pelatihan lain, 1.799 training center industri serta 1.113 BLK Komunitas. Tahun 2020 juga rencana kita bangun 2.000 BLK komunitas,” ucapnya.

Melalui program bantuan pengembangan BLK Komunitas ini, lembaga penerima bantuan BLK Komunitas menerima bantuan yang terdiri dari, bantuan pembiayaan pembangunan satu unit gedung workshop, bantuan peralatan pelatihan vokasi untuk 1 kejuruan, bantuan biaya operasional, serta bantuan biaya untuk melaksanakan dua paket program pelatihan;l.

Selain itu, Kemnaker juga telah menyiapkan program untuk melatih tenaga instruktur dan pengelola BLK Komunitas agar mereka mampu mengelola BLK Komunitas dengan baik.

Adapun 10 program pelatihan vokasi yang dikembangkan di BLK Komunitas adalah, Kejuruan Teknik Otomotif (Teknik Sepeda Motor), Kejuruan Teknik Las, Kejuruan Processing (Pengolahan Hasil Pertanian), Kejuruan Processing (Pengolahan Hasil Perikanan), Kejuruan Woodworking, Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kejuruan Menjahit, Kejuruan Refrigeration dan Teknik Listrik, Kejuruan Industri Kreatif; dan Kejuruan Bahasa.

Penetapan kejuruan pelatihan di BLK Komunitas ini ditentukan oleh lembaga penerima bantuan BLK Komunitas tersebut. Hal ini dilakukan agar pelatihan yang dilakukan tepat sasaran dan juga sesuai dengan kebutuhan industri yang ada di sekitar BLK Komunitas. (akn/ega)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *