oleh

PLN Imbau Warga Lakukan Hal Ini Jika Terjadi Banjir

IndonesiaBangsaku.com – Wilayah Indonesia kini memasuki musim hujan. Beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jakarta dilanda banjir. Terkait hal tersebut, ada beberapa tips dari PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya apabila rumahnya terendam banjir.

Saat terjadi banjir, PLN akan melakukan pemadaman. Selain itu, hal pertama yang paling penting harus dilakukan warga ketika banjir adalah mematikan listrik  dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWh meter.

Hal tersebut untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik. Kemudian, pemilik rumah juga harus memastikan semua peralatan listrik sudah tercabut dan pindahkan ke tempat yang lebih aman.

Jika listrik belum dipadamkan oleh PLN saat banjir, warga diminta segera melaporkannya melalui Contact Center PLN 123 atau hubungi kantor PLN terdekat.

Kemudian, setelah banjir surut, pastikan semua alat eketronik dan instalasi listrik dalam keadaan kering. Setelah semuanya sudah kering, PLN akan kembali menyalakan listrik.

Nantinya, penyalaan akan dilakukan dengan didahului oleh penandatanganan berita acara disaksikan oleh Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat.

PLN juga mengimbau agar warga tidak berteduh dekat tiang listrik, gardu listrik dan tiang lampu penerangan jalan saat hujan. Hal ini untuk menghindari resiko tersengat listrik.

Selain itu, PLN juga meminta agar warga mengenakan sepatu boots yang kedap air apabila melewati genangan air untuk menghindari resiko terkena pecahan kaca, paku, bakteri, maupun arus listrik bocor. Warga juga diminta membuat laporan apabila menemukan tiang dan kabel listrik yang dianggap membahayakan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *