oleh

[Hoaks] Foto saat Anies Baswedan Tangani Banjir Jakarta 2020

IndonesiaBangsaku.com – Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan jaket merah yang basah serta sedang meminum teh dari gelas plastik beredar di media sosial. Foto itu dimuat oleh sejumlah situs dalam artikelnya mengenai turunnya Anies ke lokasi banjir Jakarta pada awal 2020 ini.

Salah satu situs yang mempublikasikan artikel serta foto tersebut adalah Tarbawia.net. Artikel yang tayang pada 1 Januari 2020 itu berjudul “Tak Diliput Media, Begini Kondisi Anies Saat Tangani Banjir Jakarta”.

Artikel ini berisi instruksi Anies kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk turun langsung dalam membantu korban banjir Jakarta 2020. Anies juga mengingatkan agar tempat pengungsian dan seluruh kebutuhan pengungsi dipenuhi dengan baik.

Selain itu, Anies menyatakan bahwa Pemprov DKI bertanggung jawab untuk menyelesaikan semua dampak banjir yang diakibatkan oleh derasnya curah hujan di Jakarta dan sekitarnya serta luapan air dari Bogor, Jawa Barat.

Gambar tangkapan layar artikel di situs Tarbawia.net terkait penanganan banjir oleh Anies Baswedan.

Selain Tarbawia.net, situs Asianmuslim.com mempublikasikan artikel serta foto yang sama. Namun, artikel itu diberi judul yang berbeda, yakni “Tak Mau Cari Kambing Hitam atau Pencitraan, Anies Berjibaku Atasi Banjir Bersama Warga”.

Artikel di kedua situs itu pun dibagikan oleh beberapa akun di Facebook. Salah satunya adalah akun Ahmad Rifai, yakni pada 1 Januari 2020, dengan narasi, “Jokowi dan Ahok pun belum pernah melakukan, itulah kelebihan Anies, Air minumnya aja telah berubah warna dan berbau, oh..”

Artikel cek fakta ini akan memeriksa dua hal:

– Benarkah foto Anies Baswedan yang dimuat oleh dua situs di atas terkait dengan banjir Jakarta 2020?

– Benarkah pernyataan Anies Baswedan dalam artikel di atas terkait dengan banjir Jakarta 2020?

PEMERIKSAAN FAKTA

Foto Anies Baswedan tidak terkait banjir Jakarta 2020

Tim CekFakta Tempo menggunakan pencarian lanjutan di Twitter dan Facebook serta reverse image tools di Google dan Yandex. Dari berbagai cara tersebut, metode yang membuahkan hasil adalah menggunakan pencarian lanjutan di Facebook dengan memasukkan kata kunci “Anies Baswedan banjir” dalam kolom pencarian foto.

Berdasarkan hasil pencarian tersebut, foto Anies yang dimuat oleh dua situs di atas pernah diunggah di halaman resmi Partai Gerakan Indonesia Raya, @Gerindra, di Facebook pada 20 Februari 2017. Foto tersebut telah mendapatkan respons lebih dari seribu kali, dikomentari 139 kali, dan dibagikan 26 kali.

Gambar tangkapan layar unggahan halaman Facebook resmi Partai Gerindra yang memuat foto Anies Baswedan.

Untuk mendapatkan keterangan lokasi dan konteks foto itu, Tempo mencari foto Anies Baswedan lainnya dengan jaket yang sama. Hasilnya, ditemukan bahwa akun Facebook Juliansyah Syam mengunggah foto Anies dengan jaket yang sama pada 2017 silam. Dia memberikan keterangan bahwa Anies yang saat itu masih menjadi calon Gubernur DKI Jakarta sedang mendatangi lokasi banjir di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, pada 20 Februari 2017.

Dari petunjuk lokasi dan konteks tersebut, Tempo mencari pemberitaannya di media arus utama. Hasilnya, ditemukan beberapa media yang memberitakan kunjungan Anies Baswedan saat menjadi cagub ke Cipinang Melayu pada 20 Februari 2017. Laman Jawapos.com, misalnya, menurunkan berita itu dengan judul “Anies Kunjungi Lokasi Banjir di Cipinang Melayu, Warga: Akhirnya Kami Diperhatikan”.

Situs Kompas.com juga memuat berita kunjungan Anies Baswedan itu, yakni dengan judul “Anies Tinjau Lokasi Banjir di Cipinang Melayu Sambil Hujan-hujanan”. Dari foto yang dimuat dua media tersebut, Anies memakai jaket yang sama dengan yang diunggah halaman resmi Gerindra di atas. Jaket itu didominasi dengan warna merah, bagian pundaknya berwarna abu-abu.

Dengan demikian, foto Anies Baswedan yang dimuat di situs Tarbawia.net dan situs Asianmuslim.com tidak terkait dengan banjir Jakarta yang terjadi pada 1 Januari 2020.

Gambar tangkapan layar berita di situs JawaPos.com soal kunjungan Anies Baswedan ke lokasi banjir Jakarta pada 2017.

Pernyataan Anies Baswedan dalam artikel

Pernyataan Anies Baswedan yang dimuat dalam artikel di situs Tarbawia.net dan situs Asianmuslim.com memang benar diucapkan olehnya. Pada 1 Januari 2020, Anies memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta melalui pesan suara yang ia rekam di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat. Isi lengkap pesan suara itu juga diunggah oleh KompasTV.

Klaim penanganan banjir oleh Anies Baswedan tidak diliput media

Untuk memeriksa klaim tersebut, Tempo memeriksa pemberitaan media dengan memasukkan kata kunci “Anies Baswedan pantau banjir” di mesin pencarian Google. Hasilnya, pada 1 Januari 2020, ditemukan 44 pemberitaan tentang Anies yang sedang memantau banjir serta upaya-upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mengevakuasi warga dan mengatasi banjir.

Beberapa berita tersebut antara lain:

Tribunnews: Anies Baswedan Sapa Masyarakat Terkait Banjir di Jakarta, Ungkap di Luar Kendali & Himbau Masyarakat

KompasTV: Anies Baswedan Bersama BNPB dan Menteri PUPR Pantau Banjir Pakai Helikopter

iNews: Pengungsi Banjir di Jakarta Selatan Senang Dikunjungi Anies

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa judul yang digunakan oleh situs Tarbawia.net dan situs Asianmuslim.co dalam artikelnya menyesatkan. Alasannya:

– Klaim bahwa foto dalam kedua situs itu merupakan foto Anies Baswedan saat menangani banjir Jakarta 2020 menyesatkan. Foto tersebut adalah foto ketika Anies Baswedan mengunjungi lokasi banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, pada 20 Februari 2017 saat ia masih menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

– Isi artikel di kedua situs itu benar bersumber dari instruksi Anies Baswedan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta pada 1 Januari 2020. Namun, judul artikel itu menyesatkan karena, berdasarkan penelusuran Tempo, terdapat 44 pemberitaan tentang penanganan banjir Jakarta 2020 oleh Anies.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *