oleh

Menteri PUPR Instruksikan Seluruh Balai Sungai Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

IndonesiaBangsaku.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menginstruksikan kepada seluruh balai sungai di Indonesia untuk siaga selama cuaca ekstrem di Indonesia. 

Instruksi ini disampaikan pada Selasa, 7 Januari 2020 melalui media sosial resmi Kementerian PUPR. Instruksi ini disampaikan pada saat Basuki meninjau pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa cuaca ekstrem akan berlangsung hingga bulan Maret. Dengan puncaknya berada pada bulan Februari dan Maret 2020.

Dengan kondisi tersebut, Menteri PUPR menginstruksikan seluruh balai di Indonesia agar bersiap siaga di wilayah kerjanya masing-masing.

Oleh karena itu, diperlukan kesiagaan personel dan peralatan agar penanganan darurat ketika terjadi bencana dapat direspons dengan cepat.

Kunjungan Menteri PUPR untuk menemani Presiden Jokowi ke Kabupaten Lebak, Banten, untuk meninjau dan memastikan kebutuhan warga terdampak bencana banjir bandang terpenuhi.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi  juga memerintahkan Kementerian PUPR memperbaiki konektivitas antardesa yang terdampak longsor dan banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten.

Kementerian mencatat ada 30 jembatan yang terputus dengan 28 di antaranya merupakan jembatan gantung.

Presiden Jokowi meminta Kementerian PUPR menyelesaikan perbaikan jembatan-jembatan tersebut dalam kurun waktu 4 bulan ke depan.

Selain itu, Presiden juga meminta jajarannya untuk melakukan perbaikan terhadap sekolah-sekolah yang rusak pasca terdampak banjir bandang.

Jokowi juga meminta untuk mendata dan merelokasi rumah warga yang terdampak banjir bandang.

Selain itu, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya telah memberikan bantuan berupa 4 unit mobil tangki, 12 unit hidran umum, 3 unit tenda, mobil toilet kabin 3 unit, 2 unit toilet portable, dan 1 unit septic tank.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *