oleh

Pemerintah Minta Warga Patuhi Aturan di Wilayah Berstatus PSBB Covid-19

IndonesiaBangsaku.com – Pemerintah Indonesia meminta masyarakat mematuhi aturan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menangani penyebaran Covid-19 saat menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan beberapa pemerintah daerah telah mengeluarkan aturannya masing-masing terkait PSBB.

“Di beberapa daerah yang telah melaksanakan PSBB tentunya diikuti dengan beberapa arahan dari pemerintah daerah melalui peraturan pemerintah daerah untuk bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Yurianto dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Yurianto mengajak masyarakat patuh pada peraturan tersebut. Menurutnya, kepatuhan dalam pelaksanaan PSBB sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Jika masyarakat tidak mengindahkan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, aparat penegak hukum bakal melakukan penertiban.

“Mari laksanakan dengan baik. Akan dilakukan penegakan hukum dengan bantuan aparat negara agar kepatuhan bisa kita laksanakan dengan baik,” ujar Yurianto.

Di sisi lain, Yurianto berharap masyarakat menjalani peraturan yang berkaitan dengan PSBB. Aturan ini, menurut Yurianto, dikeluarkan semata hanya untuk mencegah meluasnya penyebaran virus ini.

“Bukan karena terpaksa tapi sebuah kesadaran yang sepenuhnya yang kita miliki dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19,” ujar Yurianto.

Sekadar diketahui, sejauh ini Menkes telah menyetujui PSBB di wilayah DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Pekanbaru dan terbaru Kota Makassar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *