oleh

Kemenkes: 2 Pengembang Ventilator Lokal Lolos Uji Performa

IndonesiaBangsaku.com – Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Dirjen Farmalkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Engko Sosialine Magdalene mengungkapkan bahwa ada dua pengembang lokal yang ventilatornya telah lolos uji performa. Magdalene mengatakan salah satu di antaranya yakni pengembang dari Universitas Indonesia (UI).

“Dari 27 pengembang ventilator, produksi dalam negeri tentu saja, telah ada dua yang sudah menyelesaikan uji performance atau pun sudah lulus uji performance, yaitu dari pengembang UI dan yang kedua adalah pengembang, tadi sudah disampaikan, ITB, UNPAD dan ITB Salman,” kata Magdalene dalam rapat gabungan dengan Komisi VI, VII, dan IX DPR RI yang digelar secara virtual, Selasa (5/5/2020).

Magdalene menjelaskan, dari dua pengembang ventilator yang lolos uji performa, salah satunya masuk ke tahap uji klinik. Dia berharap pekan ini proses uji kliniknya rampung.

“Dari kedua pengembang ini, satu yang sudah masuk tahap uji klinik. Uji klinik sudah dimulai hari Minggu yang lalu. Kalau semuanya berjalan lancar oleh investigatornya atau dari ITB, diharapkan minggu ini sudah selesai uji klinik sehingga bisa masuk tahap berikutnya,” terang Magdalene.

Magdalene menjelaskan dalam pengadaan ventilator ini Kemenkes telah memperlonggar syaratnya. Hal tersebut, kata dia, dilakukan agar produksi ventilator lokal bisa segera dilakukan.

“Dan perlu kami laporkan bahwa salah satu persyaratan, yaitu cara pembuatan alat kesehatan yang baik kita sudah memberi relaksasi dengan hanya menyerahkan tanda operating procedure dari proses produksinya,” terang Magdalene.

“Jadi, tidak dipersyaratkan CPAKB, beberapa persyaratan sudah kami relaksasi sehingga memberi kemudahan bagi pengembang ventilator untuk bisa diproduksi dan digunakan di Indonesia,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *