oleh

Bangga Buatan Indonesia?, Kunjungi Pameran UMKM di BNI Kreasi Nusantara Craft Online

IndonesiaBangsaku.com – “Saya bersyukur negara dan bangsa kita memiliki banyak kekuatan, karya-karya hebat, dan produk-produk berkualitas yang lahir dari tangan saudara-saudara kita yang memiliki talenta hebat. Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi.”

Demikian seruan Presiden Joko Widodo pada saat meluncurkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia di Jakarta, 14 Mei 2020. Baca Juga :

Seiring dengan gerakan nasional tersebut, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diajak BNI berjualan secara online di marketplace Blanja.com melalui Program BNI Kreasi Nusantara Craft Online. Acara ini digelar beberapa hari sebelum Presiden mencanangkan gerakan nasional itu, yakni mulai 9 Mei 2020 dan akan berlangsung hingga 22 Mei 2020.

BNI Kreasi Nusantara Craft Online adalah usaha terkoordinasi demi membantu UMKM agar bertahan dari terpaan pandemi Covid-19. BNI mengajak 100 UMKM memanfaatkan kesempatan berjualan di Blanja.com secara lebih mudah. Demikian diungkapkan Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies di Jakarta, Sabtu, 16 Mei 2020. Baca Juga :

Corina menuturkan, BNI Kreasi Nusantara Craft Online merupakan terobosan untuk membantu produsen produk lokal membuka pasar baru secara online, sekaligus membuka peluang bagi pekerja yang kehilangan pekerjaan untuk tetap aktif secara ekonomi. Di sisi lain, BNI mengajak masyarakat peduli terhadap UMKM dan membeli produk mereka dengan lebih mudah karena secara online, yang sesuai dengan imbauan pemerintah untuk tetap beraktivitas di rumah dan menjalankan physical distancing.

“Ini adalah cara kami menstimulus pasar online bagi UMKM, searah dengan upaya pemerintah dalam Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan Gerakan 100.000 UMKM Go Online. Program BNI Kreasi Nusantara Craft Online ini kami padukan dengan Program Komunikasi BNI yang bertujuan menyebarkan semangat positif dan optimisme dalam menghadapi COVID-19, yaitu program #AntarkanSemangat, sebuah upaya mengajak banyak pihak agar saling peduli dan membantu di tengah pandemi ini,” ujar Corina. Baca Juga :

Ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh bagi UMKM yang bergabung dalam BNI Kreasi Nusantara Craft Online ini. Pertama, membuka toko online mudah dan gratis. Kedua, menikmati program bebas ongkos kirim. Ketiga, berkesempatan masuk iklan kegiatan dan produk di semua media promosi BNI. Keempat, dapat melakukan registrasi toko dan pengelolaan transaksi di mana saja. Kelima, mendapat pendampingan dari Layanan Contact Center Blanja.com selama 24 jam per hari. Keenam, berkesempatan memperoleh berbagai hadiah dan promo dari BNI.

Pada event online ini, masyarakat dapat memanfaatkan promo-promo spesial dari BNI jika berbelanja menggunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI serta BNI iB Hasanah Card, mulai diskon hingga Rp 1 juta. Masyarakat pun dimudahkan untuk bertransaksi dengan cicilan nol persen hingga 12 bulan dan hemat 100% dengan Reward Point Kartu Kredit BNI serta bonus hingga 10.000 BNI Poin+.

Harapannya, selain ikut membantu UMKM dan menggerakkan perekonomian, masyarakat tetap dapat merasakan kebahagiaan khas kampung halaman, bahkan mengirimkan semangat tersebut kepada keluarga dan kerabat, meski tetap berada di rumah masing-masing.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah BNI Tambok P. Setyawati menuturkan, kondisi pandemi ini merupakan tantangan bagi perbankan selaku mitra UMKM. Melihat UMKM maju dan berkembang merupakan cita-cita dan kebanggaan BNI karena hal itu menjadi barometer keberhasilan BNI dalam berkontribusi dan bernilai ibadah.

“Membantu UMKM merupakan amanah bagi kami di tengah pandemi COVID-19 sesuai dengan program stimulus yang ada,” ujarnya.

Sebagai penyalur kredit usaha rakyat (KUR) berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 6 Tahun 2020, BNI diberi kewenangan merelaksasi pinjaman KUR kepada debitur. Di tengah pandemi ini, selain memberikan stimulus, BNI secara giat mengedukasi dan memberikan konsultasi kepada nasabah kreditnya secara online. Kondisi pandemi ini membuat BNI bergerak untuk berfokus ke sistem dan bisnis digital. Produk SMS Banking, Internet Banking, dan Agen46 yang lebih dekat ke tengah masyarakat menjadi perhatian serius untuk dioptimalkan di tengah keterbatasan interaksi fisik.

Terhadap debitur yang terkena dampak Covid-19, BNI berkomitmen mendukung program pemerintah berupa stimulus dalam bentuk subsidi bunga, perpanjangan jangka waktu, hingga penundaan angsuran. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *