oleh

Cak Imin: Pancasila Modal Indonesia Lewati Krisis Pandemi Corona

IndonesiaBangsaku.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai Pancasila menjadi modal Indonesia untuk keluar dari pandemi virus Corona. Menurut Cak Imin, Pancasila memiliki nilai dan ajaran yang dapat mengatasi pandemi Corona.

“Di tengah kebangkrutan global ini, bagi Partai Kebangkitan Bangsa beruntunglah Indonesia memiliki Pancasila. Meski bangsa kita juga tengah berjibaku mengatasi pandemi COVID-19, namun PKB yakin dengan bermodalkan nilai dan ajaran yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila, kita akan mampu melewati krisis pandemi ini dengan baik,” kata Cak Imin dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/6/2020).

Pancasila, menurut Cak Imin, dapat dijadikan pedoman untuk diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa. Utamanya selama Indonesia menghadapi pandemi Corona.

“Hal itu hanya bisa terjadi jika kita menjadikan Pancasila sebagai pedoman dasar, pegangan utama dan diimplementasikan secara benar, konsekuen dan konsisten oleh para pemimpin negeri dan seluruh rakyat Indonesia selama masa pandemi COVID-19 ini berlangsung,” ujarnya.

Lebih lanjut, Cak Imin mengungkapkan pentingnya nilai kemanusiaan yang adil dan beradab di dalam Pancasila. Nilai itu, kata Cak Imin, dapat ditempatkan di segala sektor di tengah pandemi Corona.

“Pancasila mengajarkan kepada bangsa kita pentingnya nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Kita semua harus meyakini bahwa kemanusiaan harus ditempatkan lebih tinggi daripada segala ego sektoral dari masing-masing pemegang kebijakan, pemerintah pusat maupun daerah, legislator di semua tingkatan, pelaku usaha, bisnis dan sebagainya,” ucap Cak Imin.

“Kerja-kerja kemanusiaan dengan menolong masyarakat yang terdampak secara ekonomi, baik dengan membagikan masker maupun sembako, bantuan pengobatan adalah cerminan dari tingginya kemanusiaan kita. Ini harus terus menerus kita lakukan,” sambungnya.

Momentum hari lahir Pancasila yang jatuh kemarin, menurut Cak Imin tepat untuk bergotong royong mengatasi pandemi Corona di Indonesia. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk bangkit bersama dengan nilai Pancasila.

“Dihari kelahiran Pancasila 1 Juni inilah momentum yang tepat bagi kita semua untuk membulatkan tekad, mengasah kemanusiaan kita, mengokohkan persatuan nasional dan meningkatkan jiwa kegotong-royongan kita dalam gerak dan upaya bersama mengatasi pandemi COVID-19. Inilah momentum bangkit bersama Pancasila menyelamatkan Indonesia dari pagebluk COVID-19,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *