oleh

Ma’ruf Amin Beberkan 4 Syarat Daerah Bisa Terapkan New Normal

IndonesiaBangsaku.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, ada empat persyaratan kepada daerah yang akan menerapkan new normal. Salah satunya daerah tersebut harus bisa mengendalikan virus Korona atau Covid-19.

“Penularan virus sudah yang terkendali ditunjukan dengan dengan rasio penyebaran R0 dalam satu wilayah berada di bawah 1 selama dua Minggu berturut-turut,” ujar Ma’ruf Amin di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (22/6).

Prasyarakat kedua adalah, tersedianya lapayanan sistem kesehatan. Sehingga nantinya jika ada masyarakat yang terkena virus Korona dapat segera ditangani.

“Prasyarat kedua adalah tersedianya layanan dan sistem kesehatan untuk menangani kasus Covid-19 baru,” katanya.

Kemudian ketiga, kemampuan daerah melakukan tes secara massal. Sehingga daerah tersebut tahu siapa saja masyarakat yang tertular Covid-19.

“Jadi ada kemampuan dalam melakukan pelacakan yang ditandai dengan kecukupan jumlah pelaksanaan testing,” katanya.

Selanjutnya prasyarat keempat adalah, perubahan perilaku masyarakat. Dalam new nomal ini masyarakat diharuskan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga bisa memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Pelaksanaan potokol kesehatan yang ketat dalam setiap kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat termasuk kewajiban memakai masker, physical distancing, selalu mencuci tangan, dan perilaku hidup sehat menjadi syarat utamanya,” paparnya.

Selain itu, daerah yang memulai new normal harus juga dipersiapkan mengenai aktivitas ekonominya. Segala aktivitas ekonomi harus kondusif dan menerapkan protokol kesehatan.

“Wilayahnya harus dipastikan kondusif, kegiatan ekonominya harus juga berjalan baik dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *