oleh

Bangga Dapat Kenaikan Status Pendapatan, Kemenkeu: Landasan Kokoh Menuju Indonesia Maju 2040

IndonesiaBangsaku.com – Indonesia resmi mendapat kenaikan status dari Bank Dunia, semula negara berpendapatan menengah ke bawah atau lower middle income country menjadi negara berpendapatan menengah ke atas atau upper middle income country pada Rabu, 1 Juli 2020.

Adapun kenaikan status itu diberikan berdasarkan assesment Bank Dunia terkini yaitu GNI per kapita Indonesia untuk 2019 naik menjadi 4.050 dollar AS dari posisi sebelumnya 3.840 dollar AS.

Lebih detailnya, Bank Dunia membuat klasifikasi negara berdasarkan GNI per kapita dalam empat kategori yaitu low income 1.035 dolar AS, lower middle income 1.036 sampai 4.045 dolar AS, upper middle income 4.046 dolar AS sampai 12.535 dolar AS, dan high income lebih dari 12.535 dolar AS.

Klasifikasi ini digunakan sebagai salah satu faktor untuk menentukan suatu negara memenuhi syarat dalam menggunakan fasilitas dan produk Bank Dunia termasuk loan pricing atau harga pinjaman.

Menanggapi berita membahagiakan itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan kenaikan status tersebut merupakan sebuah prestasi membanggakan di tengah upaya pemerintah dan masyarakat berjuang mengatasi dampak pandemi Covid-19.

“Hal tersebut merupakan buah kerja keras masyarakat dan pemerintah dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas dan berkelanjutan,” ungkap Kemenkeu dalam keterangan resmi, seperti dikutip dari Antara pada Kamis, 2 Juli 2020.

Lebih dari itu, kenaikan status menjadi negara berpendapatan menengah ke atas juga menjadi bukti ketahanan ekonomi Indonesia seiring dengan pertumbuhan yang selalu terjaga dalam beberapa tahun terakhir.

Selanjutnya, Kemenkeu meyakini kepercayaan serta persepsi investor, mitra dagang, mitra bilateral, dan mitra pembangunan atas ketahanan ekonomi Indonesia akan lebih kuat seiring dengan peningkatan status ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *